AGAMA SEBAGAI UPAYA MENGEMBALIKAN KESEHATAN MENTAL SANTRI PENDERITA SKIZOFRENIA (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darus Syifa Wedung Demak)

Rochanah Rochanah

Abstract


Agama adalah sesuatu yang tidak terlepas dari kehidupan manusia. Fungsi agama adalah mengatur kehidupan manusia, termasuk mengatur tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Seberapa baiknya perilaku yang nampak dalam diri seseorang pada dasarnya adalah hasil dari ketaatannya dalam menjalankan ibadah agama. Oleh karenanya, agama memiliki peran penting dalam kehidupan setiap manusia, salah satunya adalah sebagai upaya untuk mengembalikan kesehatan mental bagi mereka yang terkena gangguan dan penyakit mental, dalam hal ini adalah penderita skizofrenia. Skizofrenia merupakan gangguan pada mental yang sudah memasuki kategori berat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatatiff deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Secara eksplisit, permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah; Bagaimana peran agama dalam upaya mengembalikan kesehatan mental santri penderita skizofrenia di pondok pesantren Wedung Demak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif-analitis. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil peneltian menunjukkan bahwa peran agama dalam upaya mengembalikan kesehatan mental santri penderita skizofrenia di pondok pesantren Wedung Demak adalah; Pertama, agama mengajarkan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Kedua, agama mengajarkan untuk melakukan ikhtiyar Ketiga, agama mengajarkan untuk tidak putus asa. Keempat, agama mengajarkan untuk bertawakkal. Kelima, agama mengajarkan untuk displin. Keenam, agama mengajarkan untuk hidup sederhana. Ketujuh, agama mengajarkan untuk ikhlas dalam menjalani kehidupan.


Keywords


Agama, kesehatan mental, santri, skizofrenia.

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI. Al Qur’an Tajwid dan Terjemah, Bandung; CV. Penerbit Diponegoro, 2010.

Farida. Psikologi Pasien, Kudus, Noramedia Enterprise, 2011.

Firdaus. Skizofrenia Sebuah Panduan Bagi Penderita Skizofrenia, Yogyakarta: Dozz CV Qalam, 2005.

Hawari, Dadang. 2004, Al Qur’an Ilmu Kedokteran Jiwa Dan Kesehatan Jiwa, Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Prima Yasa.

Kartono, Kartini. Psikologi Abnormal, Bandung: Alumni, 1981.

Latifa, Reninta. “Proses Bimbingan Islam pada Penderita Skizofrenia di Panti Rehabilitasi Cacat Mental Yayasan Galuh Bekasi”, Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2010.

Masykur, Muhammad Syafi’i. Nikmatnya Syukur, Yogyakarta, Surya Media, 2009.

Reza, Iredho Fani. “Efektivitas Pelaksanaan Ibadah Dalam Upaya Mencapai Kesehatan Mental”, Jurnal, Jurnal Psikis; Jurnal Psikologi Islami Vol 1 No 1 2015, Sekolah Pascasarjana Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sabiq, Sayid. Unsur-Unsur Dinamika Dalam Islam, Jakarta: PT. Djaya Pirusa, 1981.

Sundari, Siti. Kesehatan Mental Dalam Kehidupan, Jakarta, Rineka Cipta.

Surasman, Otong. Hiduplah Seperti Air Mengalir: Makna Berbagai Jenis Air Dalam Islam, Erlangga, 2013.

Winda, “Karakteristik Jenis Stressor pada Penderita Skizofrenia di RSKD

Provinsi Sulawesi Selatan (Sukriyadi dan Mulyadi)”, Skripsi.

Wawancara dengan bapak Mashad Bisri Selaku Ustadz Di Pondok Pesantren Darus Syifa Wedung Demak, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Wawancara dengan bapak Ulum Selaku Ustadz Di Pondok Pesantren Darus Syifa Wedung Demak, Sabtu, 31 Agustus 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v13i2.6035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.