BIMBINGAN KLASIKAL ISLAMI BAGI ORANG TUA TERHADAP PERSEPSI KEKERASAN PADA ANAK

Adnan Achiruddin Saleh

Abstract


Abstract

Islamic Classical Guidance is a strategy carried out as an effort to reduce violence on children committed by parents. Violence is caused by perceptions that are built from attitudes, motives, interests, past experiences, and expectations. The purpose of this study is to see the effectiveness of Islamic classical guidance for parents on the perception of violence in children. The study design used a pre-experimental form of one group pre-test – post-test design. The number of samples involved in this experiment was 28 parents who settled in Kecamatan Maritengngae, Sidenreng Rappang Regency. Data collection tools using the instrument of perception of violence. Data on the results of the treatment (Islamic classical guidance) were analyzed using Paired T-test. The results showed that Islamic classical guidance was effective in changing perceptions of parental violence against children in the District of Maritengngae, SIDRAP Regency with the criteria H0 rejected if Sig. ≤ α: or -Thitung ≤ -Table. Based on data processing it was found that Sig. (0,000) ≤ α (0.05) or -Thitung (-49.442) ≤ -Table (-2.04841), the decision is to reject H0. This means that training is effective in changing the perception of parents (participants) about parental violence in children.

Keywords: Islamic Classical Guidance, Perception of Violence

Abstrak

Bimbingan klasikal Islami adalah strategi yang dilakukan sebagai upaya mengurangi kekerasan pada anak yang dilakukan oleh orang tua. Kekerasan disebabkan oleh persepsi yang terbangun dari sikap, motif, kepentingan atau minat, pengalaman masa lalu, dan pengharapan. Usaha agar mengurangi angka kekerasan pada anak dilakukan melalui bimbingan klasikal Islami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas bimbingan klasikal Islami bagi Orang tua terhadap persepsi kekerasan pada anak. Desain penelitian menggunakan pra-eksperimen dengan bentuk one group pre test – post test design. Jumlah sampel yang terlibat dalam eksperimen ini adalah 28 orang tua yang menetap di Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang. Data hasil dari perlakuan (bimbingan klasikal Islami) dianalisis menggunakan uji beda (Paired T-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan klasikal Islami efektif mengubah persepsi kekerasan orang tua kepada anak di Kecamatan Maritengngae, Kabupaten SIDRAP dengan kriteria H0 ditolak Jika Sig. ≤ α : atau -Thitung ≤ -Ttabel. Berdasarkan olah data ditemukan bahwa Sig. (0,000) ≤ α (0,05) atau -Thitung (-49,429) ≤ -Ttabel (-2,04841), maka keputusannya adalah tolak H0. Hal ini berarti bahwa pelatihan efektif dalam mengubah persepsi orang tua (peserta) terhadap kekerasan orang tua pada anak.


Keywords


Bimbingan Klasikal Islami, Persepsi Kekerasan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ainur, R. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Underachiver. Jurnal Fokus Konseling , Volume 3, No. 2 (2017), 154-162

A. Sari, A. V. S. Hubeis, S. Mangkuprawira, , dan A. Saleh (Institut Pertanian Bogor, Mayor Komunikasi Pembangunan). Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga dalam Fungsi Sosialisasi Keluarga terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Komunikasi Pembangunan, Juli 2010, Vol. 08. No.02 ISSN 1693-3699.

Bukhari, Ihsan Baihaqi Ibnu. (2013). Jadi Orang tua Shalih! Sebelum Meminta Anak Shalih. Bandung: Mizania

Cahyadi, A., Mubin. (2006). Psikologi Perkembangan. Tangeran: Quantum Teaching.

Rahmad. (2015). Peningkatan keterampilan praktek pengalaman lapangan melalui bimbingan klasikal (Studi di Jurusan Bimbingan Konseling Islam FDK UIN SUSKA Riau). Jurnal RISALAH, Vol. 26, No. 1.

Robbins, Stephen P. (2003) Perilaku Organisasi. Terjemahan. Jakarta : PT Prenhalindo.

Saleh, Adnan Achiruddin, (2017). Pengantar Psikologi, Makassar: Aksara Timur.

Saleh, Adnan Achiruddin (2019), Bimbingan Klasikal Islami; Cara Keren Mendidik Anak Tanpa Kekerasan, Makassar: Aksara Timur.

Praditama, Sandhi., Nurhadi, Atik C. B. (2010). Kekerasan Terhadap Anak Dalam Keluarga Dalam Perspektif Fakta Sosial (Jurnal FKIP UNS, Jurnal Independent Vo. 3 No. 1 Pendidikan Sosiologi Antropologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta)

Sarwono, Sarlito Wirawan. (2000). Pengantar Umum Psikologi, Jakarta: Bulan Bintang.

Seth Odame-Mensah, Emmanuel Kofi Gyimah. The role of permissive and neglected parenting style in determining the academic performance of adolescent in the senior high school in the Birim Municipality. Journal of education and practice ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online) Vol. 9., No. 4, 2018

Sugiono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Verawati, M., Hery E., (2016) Analisa Persepsi Orangtua Tentang Kekerasan Pada Anak di Ponogoro: Jurnal Psikologia: 7 No. 1

Walgito, Bimo, (2004) Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi Ofset

Willis, Sofyan S. (2013). Konseling Keluarga (Family Counseling), Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v13i2.6038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.