IMPLEMENTASI TEKNOLOGI DAN SAINS PADA SEKOLAH-PESANTREN BERBASIS ISLAM NUSANTARA

Sigit Tri Utomo

Abstract


Abstract:

Education is an effort to create a superior generation and be able to compete in the global world. Because education is actually a process of changing one's paradigm of good thinking. Pendidina also able to change one's mindset so that they can explore themselves, therefore in Islamic educational institutions, especially Islamic-based Islamic boarding schools in the archipelago are needed in the development of technology and science.

This research is a type of field research (fileld research), with a phenomenological approach. Data collection method in this study uses interviews with stakeholders in Islamic boarding schools based on the archipelago, not only that researchers also use observation methods related to the implementation of technology and science based on the archipelago of Islam, as well as documentation related to documents on the implementation of technology and science in Islamic schools archipelago-based Islam. In analyzing the data the researchers used data reduction and triangulation techniques to obtain accurate data related to the application of technology and science in Islamic-based Islamic boarding schools in the archipelago.


Keywords


Keywords: Technology and Science Implementation, Nusantara Islamic Based School

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anwar, Ali. 2011. Pembaharuan Pendidikan Pesantren Lirboyo Kediri, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. 2006. ProsedurPenelitian:PendekatanPraktis. Jakarta: RinekaCipta.

, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta. 2008.

Wisnu Arya Wardhana, 2016. Hadiah Nobel dan Sains Modern, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azra, Azyumardi. 2005. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII:Akar Pembaruan Islam Indonesia. Cet. II; Jakarta: Prenada Media.

Fadlillah, M. 2017 Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaan, Yogyakarta: Arruz Media.

Ghazali, M. Bahri.1995. Pengembangan lingkungan hidup dalam masyarakat kasus Pondok Pesantren an-Nuqayah dalam menumbuhkan kesadaran lingkungan di Guluk-Guluk Sumenep Madura,Disertasi,Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Haedari, Amin.2004. et al., Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Komplesitas GlobalCet. I; Jakarta: IRD Press.

Huberman., dan Miles. 2002. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Kafrawi, 1978. Pembaharuan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren: Sebagai Usaha Peningkatan Prestasi Kerja dan Pembinaan Kesatuan Bangsa. Jakarta: P.T Cemara Indah.

Kasdi, Abdurrahman 2002. Pendidikan cicil Society Lewat Pesantren, Majalah Pesantren Edisi V Th 1.

Kholiq, Abdul., dan Sudrajat, Achmad.Melihat Pendidikan di Jepang dari Dekat: Pelajran Penting buat Pesantren dan Madrasah.Buletin Persahabatan Indonesia Jepang Salam. Jakarta: PPIM. 2005

Kusaeri, 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Madjid, Nurcholish. Bilik-bilik Pesantren; Sebuah potret perjalanan.

Masyhud, M. Sulthon.2003. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.

Masyhud, Sulthon.2004. et al., Manajemen Pondok Pesantren. Cet. II; Jakarta: Diva Pustaka,

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Terj. Uhar Suharsaputra, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mujib, 2006. A. et. al., Intelektualisme Pesantren: Potret Tokoh dan Cakrawala Pemikiran di EraPerkembangan Pesantren. Cet. III; Jakarta: Diva Pustaka.

Munir, MulkanAbdul., dkk. 1998. Rekonstruksi Pendidikan dan Tradis Pesantren Religiusitas Iptek.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nafi’, Dian., dkk. 2007.Praksis Pembelajran Pesantren. Yogyakarta: Insite For Training Dvelopment.

Nasution, Khoirudin.2004. Pengantar Studi Islam. Yogyakarta: Academiadan Tazzafa.

Sabili, Huda. 2016. Pengaruh Ulama Nusantara dalam Perjuangan Melawan Penjajah. Majalah Risalah NU; Mencerahkan dan Menyejukkan Edisi 60 Tahun X.

Siradj, Said Agiel.1999.(et.al), Pesantren Mada Depan; Wahana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Bandung: Pustaka,

Soeryopranoto, Soeparlan., dan Syarif, M.,1976. Kapita Seleta Pondok Pesantren. Jakarta: P.T. Paryu Barkah.

Shoimin,Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: ArruzMedia

Sonhaji, 2004. Teknik Pengumpulan dan Analisis data dalam Penelitian Kualitatif dalam

Imron Arifin (ed), Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan, Malang: Kalimasada.

Sugiyono, 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung:Alfabeta.

Sutopo, Hendayat., Soemanto, Westy., 1993. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Penyusun Kamus PusatBahasa, 2007. Kamus BesarBahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tobroni., dan Suprayogo. 2003. MetodologiPenelitianSosial-Agama,Bandung: Rosdakarya.

Widodo, Sembordo Ardi.2005.Pendidikan Islam Pesantren: studi komparatif struktur keilmuan kitab-kitab kuning dan implementasinya di PP Tebuireng Jombang dan Mu`allimin Muhammadiyah Yogyakarta,Disertasi.Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Zainuddin, Muhammad.2004.Membangun Wacana Intelektual; Perspektif Keagamaan Sosial-Kemasyarakatan dan Politik. Batam: Yayasan Bina Adzikra.

Zamroni, 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Biagraf Publishing.

Zubaedi, 2006.Fiqh Sosial Kiai Sahal Mahfudh: perubahan nilai pesantren dalam pengembangan masyarakat di pesantren Maslakul Huda Kajen.Disertasi.Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v13i2.6396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.