Open Journal Systems

KONSEP BIMBINGAN KONSELING (BK) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DALAM MEMBERIKAN KETERAMPILAN MANAJEMEN DIRI DAN PENCEGAHAN KORUPSI

Farhatus Solihah

Abstract

Tulisan ini bermaksud untuk memberikan informasi tentang konsep bimbingan konseling yang dapat diterapkan di Sekolah Menengah Atas guna membantu siswa SMA dalam memanajemen diri dan agar terhindar dari perbuatan korupsi. Adapun tujuan khusus bimbingan konseling di kaitkan secara langsung dengan permasalahan yang dialami individu yang bersangkutan, sesuai dengan  kompleksitas permasalahan itu.  Masalah-masalah individu bermacam ragam jenis, intensitas dan sangkut-pautnya, serta masing-masing bersifat unik. Oleh karena itu tujuan khusus bimbingan konseling untuk masing-masing individu bersifat unik pula.  Konsep bimbingan konseling  SMA dalam memberikan keterampilan manajemen diri dan pencegahan korupsi diperlukan untuk  mempersiapkan siswa SMA hidup  di  tengah-tengah masyarakat atau terlibat dalam organisasi kemasyarakatan.

Kata Kunci: Keterampilan  Manajemen Diri dan Pencegahan Korupsi.

HIGH SCHOOL GUIDANCE COUNSELING CONCEPT TO PROVIDE SKILLS SELF MANAGEMENT AND PREVENTION OF CORRUPTION.   This  paper  intends  to provide  information about the concept of counseling that can be applied in high school to help high school students in managing themselves and to avoid acts of corruption.  As for the specific purpose of counseling in associate directly with the problems experienced by the individual in question, according to the complexity of the problem. Individual  problems multifarious types, intensity and little to do, and each is unique. Therefore, a special purpose counseling for each individual  is unique, too. The concept of high school guidance counseling in providing self-management skills and the prevention of corruption needed to prepare high school students living in the midst of society or involved in community  organizations.

Keywords:  Skills Self-Management and Prevention of Corruption

References


Ancok, Djamaludin, 2004, Psikologi Terapan, Yogyakarta: Darussalam. Budiamin, Amin dan Setiawati, 2009, Bimbingan Konseling (Program

Peningkatan Kualifikasi Guru Madrasah dan Guru Pendidikan

Agama Islam pada Sekolah). Jakarta Pusat.

Byrne, R.H., 1977, Guidance: A Behavioral Approach, Printed in the

United States of Amerika.

Faqih, A. R., 2001, Bimbingan dan Konseling Islam, Jogjakarta: UII Press.

Prayitno dan Amti, E, 1999, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling ,

Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rahardjo, Susilo, 1998, Pendekatan dan Teknik Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar, Kudus: Program Studi BK Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus.

Ulil, A. S., dkk., 2007, Da’wah (Mencermati Peluang dan Problematikanya),

Jakarta Pusat: STID Mohammad Natsir Press.

Winkel dan Hastuti, S., 2004, Bimbingan Dan Konseling di Institusi

Pendidikan, Yogyakarta: Media Abadi.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/kr.v4i2.1006

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 KONSELING RELIGI