Open Journal Systems

METODE DAN TEKNIK BIMBINGAN KONSELING ISLAMI UNTUK MEMBANTU PERMASALAHAN PADA ANAK-ANAK

Atikah Atikah

Abstract

Perkembangan pada usia anak akan mempengaruhi perkembangan pada fase berikutnya.  Jika  anak usia dini dalam pengasuhan yang benar dan sesuai dengan karakter anak maka akan mampu menghadapi tugas perkembangan (task development) berikutnya, dan akan sebaliknya ketika anak usia dini dalam pengasuhan yang salah atau perlakuan yang salah pada anak (child abuse). Sehingga dibutuhkan pemahaman tentang usia anak,  lengkap dengan karakteristik-kebutuhan-permasalahan untuk membantu tumbuh kembang anak agar optimal sesuai dengan tahapan kemampuan yang harus dimiliki anak. Cara-cara membantu masalah yang sering dialami anak-anak disesuaikan dengan tahapan usia. Ciri khas pada anak adalah bermain dan bergembira, sehingga anak-anak dapat menyelesaikan masalah yang sering muncul dengan suasana senang dan ceria. Memahamkan anak-anak tentang penyelesaian masalah juga diperlukan agar siap menghadapi permasalahan dengan kemampuan yang dimiliki. Salah satu teknik dalam metode kelompok yaitu karyawisata. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata,  memberi kesempatan pada anak-anak berganti situasi (rutinitas ke obyek wisata) untuk mengatasi masalah dengan tetap bersenang-senang bermain. Sehingga permainan di tempat obyek wisata akan memberikan dampak kesegaran fisik  dan beban- beban masalah yang terjadi terbantukan dengan mengalihkan ke permainan yang di setting untuk membantu pemecahan masalah. Dan teknik-teknik bimbingan konseling Islam yang lainnya dapat digunakan untuk menyelesaikan sesuai dengan berbagai macam permasalahan.

kata kunci: Metode Bimbingan  Konseling, Konseling Islami, Permasalahan Anak

METHODS AND TECHNIQUES TO HELP THE ISLAMIC GUIDANCE COUNSELING PROBLEMS IN  CHILDREN. Development of the child’s age will affect the development of the next phase. If early childhood in the care of the correct and in accordance with the character of the child will be able to face the developmental task(taskdevelopment)next,  and will instead when early childhood in the care of the wrong or the wrong treatment in children(childabuse). So it takes  an understanding  of the  child’s  age,  complete  with characteristic-needs-issues  to help the  development  of the  child in order to optimally  match the phases of the ability to be possessed child. Ways to help the problems often experienced by children adjusted for age stages. Characteristic of the children are playing and having fun, so that children can solve problems that often arise with happy and cheerful atmosphere. Children hang on the settlement issue also needed to be ready to face the problems of his ability. One technique in which a field group method. By visiting tourist spots, provide opportunities for children to change the situation (routine into a tourist attraction) to solve the problem with fixed fun playing. So the game where tourism will impact the physical freshness and the loads that occur terbantukan problem by switching to a game in setting thefor  help  solving the problem. And techniques for other Islamic counseling can be used to resolve in accordance with a variety of problems.

Keywords:  Guidance and Counseling Method, Counseling Islamic, Son problem

References


Aunur Rahim Faqih. 2001. Bimbingan dan Konseling dalam Islam, Yogyakarta: UII Press

http://www.yayasanamalia.org/index.php?option=com_content&tas k=view&id=62&Itemid=5. Dipublikasikan pada: 10/4/2007. Disampaikan pada Seminar Ilmiah Populer Kesehatan Anak Usia Sekolah “School Age Parent”. Internet. 10 Juli 2013

Imam Musbikin. 2008. Melogikakan Rukun Islam (Bagi Kesehatan Fisik dan Psikologi Manusia. Yogyakarta. DIVA Press

Indrawati, S. A. 2006. Kekerasan Terhadap Anak dalam Perspektif Budaya disampaikan dalam Seminar dan Lokakarya Nasional: Universitas Negeri Jakarta

Internet. 30 Juli 2013. Dannigtc. Masalah Perkembangan Anak Usia

Dini

Kathryn Geldard and David Geldard. 2004. Membantu Memecahkan Masalah Orang Lain dengan Teknik Konseling. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Undang-Undang Pendidikan Nasional. 1998. Jakarta. Pustaka Jaya

Undang-undang RI No 23 tahun 2002 Tentang perlindungan Anak


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/kr.v6i1.1044

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 KONSELING RELIGI