Open Journal Systems

LANDASAN TEOLOGIS KONSELING SOSIAL DALAM PERSPEKTIF HASSAN HANAFI

Riza Zahriyal Falah

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengungkap pemikiran teologi Hassan Hanafi dalam kaitannya menjadi landasan filosofis teologis teori dan praktik konseling sosial. Dalam pembuatan artikel ini, penulis memusatkan penelitian pada kajian literatur kepustakaan yang berkaitan dengan landasan konseling dan teologi Hassan Hanafi. Landasan filosofis dalam ranah keilmuan merupakan sesuatu yang penting, karena ilmu kususnya ilmu konseling diperoleh lewat usaha olah pikir dan kreatifitas manusia, jadi bersifat relatif kebenarannya bukan absolut. Sehingga masing-masing ilmu dipastikan mempunyai landasan filosofis terkait metafisik, epistemologi, dan aksiologi. Landasan metafisik terdiri atas konsep teologis, ontologis, antropologis dan kosmologi. Landasan metafisis teologis diperlukan dalam praktik konseling sosial agar ada nilai-nilai religius yang tumbuh dalam proses konseling. Pemikiran teologis Hanafi lebih memusatkan perhatian teologi antroposentris ketimbang teosentris. Konsep teologi teosentris dalam pandangan Hanafi kurang bisa dirasakan manfaat praktisnya bagi kehidupan manusia, sehingga konsep teologi ini harus ditarik dalam ranah kehidupan sosial konselor dan konseli sebagai manusia. Konsep teologi Hanafi sesuai dengan tujuan konseling sosial yang mempunyai tujuan mewujudkan the helping relationship antara konselor dengan konseli, dan memunculkan solusi bagi masalah konseli dalam kehidupan sosialnya. Konsep-konsep teologi berupa keesaan Tuhan dan beberapa sifatnya, dapat menjadi landasan praktik konseling yang lebih humanis religius.

Keywords


Pemikiran Teologi, Teosentris, Antroposentris, Konseling Sosia

References


Faqih, Aunur Rohim. 2001. Bimbingan dan Konseling dalam Islam. UII Press. Yogyakarta.

Hanafi, Hassan. (1991a). Agama, Ideologi, dan Pembangunan. P3M. Jakarta.

----------- 1991. Min al-Aqidah ila al-Tzaurah. Madbuli. Kairo.

---------- 2003. Islamologi 1: Dari Teologi Statis ke Anarkis. terj. Miftah Faqih. Cet. Ke-1. LkiS. Yogyakarta.

---------- 2004. Islamologi 3: Dari Teosentrisme ke Antroposentrisme. terj. Miftah Faqih. LkiS. Yogyakarta.

Hansen, J. Dkk. 1982. Counseling: The Theory and Process, Edisi ke-3. Allyn and Bacon, INC. London.

Hariwoerjanto, Kasni. metoda bimbingan sosial masyarakat, bandung: Departemen Sosial RI, 1987

Mappiare, Andi. 2011. Pengantar Konseling dan Psikoterapi. cet ke-8. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Ridla, Muhammad Jawwad. 2002. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam (perspektif Sosiologis-Filosofis). Tiara Wacana. Yogyakarta.

Sarwono, Sarlito W.. 2009. Psikologi Sosial. Salemba Humanika. Jakarta.

Shertzer, Bruce and Shelly C. 1980. Stone. Fundamentals of Counseling. Cet ke-3. Houghton Mifflin Company. Boston.

Sholeh, A. Khudori. 20014. Filsafat Islam. Ar-Ruzz Media. Sleman.

Falah, Riza Zahriyal. 2015. Pemikiran Teologi Hassan Hanafi. Jurnal Fikrah 3(1), 201–220.

Kamaruddin Amin. (2016). PENDIS | News : Gelar Akademik Berubah, Program Studi PTKI Disesuaikan. Retrieved January 2, 2018, from http://pendis.kemenag.go.id/index.php?a=detilberita&id=8445#.WksvwdJl_MV

Komarudin, K. (2017). Mengungkap Landasan Filosofis Keilmuan Bimbingan Konseling Islam. International Journal Ihya’ ’Ulum Al-Din, 17 (2), 209. https://doi.org/10.21580/ihya.16.2.1653

Munir, R. M. dan M. (2001). Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purnama, D. S. (2003). LANDASAN RELIGIUS BIMBINGAN KONSELING. from http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310878/pendidikan/landasan-religius-bk.pdf

Shimogaki, Kazuo. (2012). Kiri Islam. terj. M. Imam Aziz dan M. Jadul Maula LKiS. Yogyakarta.

Sholeh, A. Khudori. (2010). Mencermati Hermeunetika Humanistik Hassan Hanafi. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 11(1).




DOI: 10.21043/kr.v8i2.2861

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.