Open Journal Systems

Representasi Bimbingan dan Konseling Islami Dalam Menjawab Problem Keagamaan

Ahmad Zaini

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui representasi tahapan bimbingan dan konseling islami dalam menjawab problematika keagamaan yang dihadapi oleh konseli dalam film “Ima & Nisa”. Cultural studies digunakan dalam riset ini, tepatnya dengan metode analisis data semiotik. Hasil penelitian menghasilkan beberapa poin: pertama representasi bimbingan dan konseling islami tampak telah diperlihatkan oleh Nisa yang memberikan penjelasan kepada Ima tentang keindahan alam dan tujuan penciptaan. Ima berlatih membaca al-Quran namun ia belum bisa, ia lupa cara membacanya. Seseorang yang sedang mengalami suatu permasalahan akan menyebabkan pada dirinya hilangnya konsentrasi. Kedua, representasi Nisa yang secara sabar menghadapi Ima ketika mengajaknya belajar membaca al-Quran dan menjelaskan kepada Ima tentang kewajiban perempuan menutup aurat. Terlepas dari khilafiyah mengenai kewajiban pemakaian jilbab, secara simbolis jilbab merupakan representasi seorang muslimah sebagai bentuk ketaatan dan kepatuhan terhadap ajaran agamanya. Ketiga, representasi Ima yang telah sadar dan bersungguh-sungguh meminta Nisa membimbingnya. Tahapan bimbingan dan konseling yang dilakukan Nisa secara berkesinambungan kepada Ima telah merubah perilaku Ima. Ima dapat  berubah menjadi pribadi yang dekat kepada Allah. Nisa senantiasa menganjurkan Ima untuk tetap mengamalkan ajaran Islam. Atas bimbingan dan arahan Nisa, semakin tekun dalam mempelajari al-Quran sehingga di hari kegiatan tadarus al-Quran tiba, Ima sudah siap.

Keywords


Representasi, Bimbingan dan Konseling Islami, Konselor, Konseli

References


Amin, Samsul Munir. 2013. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.

Faqih, Aunur Rahim. 2001. Bimbingan dan Konseling dalam Islam. Yogyakarta: UII Press.

Fajrin, Yusniardi Nurul. 2014. “Konseling Lintas Budaya Berbasis Diary terhadap Siswa Multirasial dalam Film Freedom Writters Ditinjau dari Perspektif Konseling Islam”, Skripsi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, diunduh dari http://digilib.uin-suka.ac.id/13030/, tanggal 30 April 2018.

Jalaluddin. 2012. Psikologi Agama. Jakarta: Rajawali Pers.

Hall, Stuart. 2009. Representation Cultural: Representations and Signifying Practices. London: SAGE Publications.

Hikmawati, Fenti. 2015. Bimbingan dan Konseling Perspektif Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Ida, Rachmah. 2014. Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Budaya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ima & Nisa, Film Pendek Dakwah Islami, diunduh dari https://www.youtube.com/watch?v=vYtirMqQEXg&t=6s, tanggal 30 April 2018.

Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lubis, Saiful Akhyar. 2007. Konseling Islami: Kyai dan Pesantren. Yogyakarta: eLSAQ.

Mu’awanah, Elfi & Rifa Hidayah. 2012. Bimbingan Konseling Islami di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mubarok, Achmad. 2000. Al-Irsyad an-Nafsiy: Konseling Agama Teori dan Kasus. Jakarta: Bina Rena Pariwara.

Muhaimin. 2014. Renungan Keagamaan dan Zikir Kontekstual (Suplemen Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Perguruan Tinggi). Jakarta: Rajawali Pers.

Najati, Muhammad Utsman. 2005. Hadits dan Ilmu Jiwa. Bandung: Pustaka.

Neviyarni. 2009. Pelayanan Bimbingan dan Konseling Berorientasi Khalifah fil Ardh. Bandung: Alfabeta.

Pratista, Himawan. 2008. Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Sholeh, Moh & Imam Musbikin. 2005. Agama sebagai Terapi: Telaah menuju Ilmu Kedokteran Holistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryanto, Andi. 2017. “Konseling Individu untuk Mengatasi Trauma (Analisis Isi terhadap Film Dear Zindagi)”, Skripsi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Surakarta http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1367/, tanggal 30 April 2018.

Sutoyo, Anwar. 2013. Bimbingan & Konseling Islami: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/kr.v9i1.3329

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.