Open Journal Systems

CIRCUMFLEX MODEL OF FAMILY THERAPY: INITIATING ITS APPLICATION ON PARENTING MISTAKES TO CHILD EARLY AGE

Salmah Fa'atin, Atika Ulfia Adlina

Abstract

The golden age in the development of early childhood requires more attention amid the emergence of the phenomenon of shifting family functions in the millennial era. Father's function and mothers who experience shifts are thought to have the potential for emergence of parenting problems.  The golden age is in need of good parenting, because an error of parenting during this period a significant impact on adulthood. This requires family therapy that is good and feasible to be used in intervening in cases of parenting errors with early childhood. This article aims to describe the theory of family therapy in the circumflex model popularized by Olson, analyzing and initiating its application in cases of parenting errors in early childhood. The idea of applying the therapy is complemented by the design of the stages and forms of therapy. The results of the study show that theoretically it is possible to apply circumcision family model therapy in cases of early childhood parenting errors, because early childhood leads to an internal problem three important dimensions in the circuit model to create a healthy and balanced family, namely the dimensions of closeness, adaptability or flexibility and family communication. The therapeutic design for families who experience parenting errors in early childhood is arranged in stages, stages or sessions of one to ten.

Keywords


Early Childhood, Family Therapy, Parenting, The Circumflex Model

References


Achmad, I. F., Latifah, L. dan Husadayanti, D. N. (2010) “Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua dengan Emotional Quotient (ESQ) pada Anak Usia Prasekolah(3-5 Tahun) di TK Islam al-Fattaah Sumampir Purwokerto Utara,” Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), 5(1), hal. 47–57.

Aini, L. N. (2014) “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kenakalan Remaja di RW V Kelurahan Sidokare Kecamatan Sidoarjo,” Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 6(1).

Bagaskara, D. H. (2013) “Pengaruh Terapi Keluarga Model Sirkumpleks untuk Menurunkan Frekuensi Pengkonsumsian Zat Adiktif dalam Lem,” Developmental and Clinical Psychology, 3(1), hal. 48–55.

Candasari, J. P. (2014) Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah di RA Semai Benih Bangsa Al-Fikri Manca Bantul Yogyakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ’Aisyiyah Yogyakarta.

Doucet, A. dan Merla, L. (2007) “Stay-at-Home Fathering,” Community, Work & Family, 10(4), hal. 455–473. doi: 10.1080/13668800701575101.

Edward, D. (2006) Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan Orang Tua untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: PT. Mizan Utama.

Farida, L. N. dan Naviati, E. (2013) “Hubungan Pola Asuh Otoritatif dengan Perkembangan Mental Emosional pada Anak Usia Prasekolah di TK Melati Putih Banyumanik,” in Prosiding Seminar Nasional dan Internasional. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang, hal. 222–228.

Fazrin, I. et al. (2017) Mengembangkan Intelegensi Quotient (IQ) pada Anak Prasekolah dengan Stimulasi Keluarga dan Pendidikan Anak Usia Dini. Ponorogo: Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES).

Fitriana, L. (2018) Pengaruh Pola Asuh Orang tua Otoriter terhadap Perkembagnan Kreatifitas Anak Usia Dini di Kecamatan Kota Baru Kota Jambi. Universitas Jambi.

Joni (2015) “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (3-5 Tahun) Di PAUD Al-Hasanah Tahun 2014,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendiidkan Anak Usia Dini, 1(6), hal. 42–48.

Latifah, E. W., Krisnatuti, D. dan Puspitawati, H. (2016) “Pengaruh Pengasuhan Ibu dan Nenek terhadap Perkembangan Kemandirian dan Kognitif Anak Usia Prasekolah,” Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 9(1), hal. 21–32.

Lisa, W. (1988) “Rancangan Terapi Keluarga Model Sirkumpleks untuk MencegahTerjadinya Relaps pada Subjek Mantan Pecandu Heroin,” hal. 1–16.

Maknun, L. (2017) “Kekerasan terhadap Anak yang dilakukan oleh Orang Tuan (Child Abuse),” Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1).

Mulyadi, S., Basuki, H. dan Rahardjo, W. (2017) Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Teori-teori Baru dalam Psikologi. Jakarta: Rajawali Press.

Muryanti, Purnaningrum, W. D. dan Tirtawati, D. (2013) “Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Kemampuan Bahasa Anak Usia 4 – 5 Tahun,” Interest: Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan, 2(1), hal. 172–174.

Novianty, A. dan Gunadarma, U. (2016) “Pengaruh Pola Asuh Otoriter terhadap Kecerdadsan Emosi pada Remaja Madya,” Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), hal. 17–25.

Olson, D. H. (2000) “Circumplex Model of Marital and Family Systems,” Journal of Family Therapy, 22, hal. 144–167.

Olson, Russel dan Sprenkel (1988) Circumplex Model: Systemic Assesment and Treatment of Families. New York: Haworth Press Inc.

Priatini, W., Latifah, M. dan Guhardja, S. (2008) “Pengaruh Tipe Pengasuhan, Lingkungan Sekolah, Dan Peran Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja,” Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 1(1).

Priyanto, A. (2014) “Perkembangan Kreatifitas pada Anak Usia Dini melalui Aktifitas Bermain,” Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 18(02).

Rahman, I. A. (2008) “Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pola Asuh Demokratis Ayah dan Ibu dengan Perilaku Disiplin Remaja,” Lentera Pendidikan, 11(1), hal. 69–82.

Rakhmawati, I. (2015) “Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak,” Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), hal. 1–18.

Redaksi (2011) “Salah Asuh Orangtua Bisa Jadi Masalah Anak di Kemudian Hari,” health.detik.com. Tersedia pada: https://health.detik.com/ulasan-khas/d-1538082/salah-asuh-orangtua-bisa-jadi-masalah-anak-di-kemudian-hari.

Robbiyah, Ekasari, D. dan Witarsa, R. (2018) “Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), hal. 76–84.

Rochaniningsih, N. S. (2014) “Dampak Pergeseran Peran dan Fungsi Keluarga Pada Perilaku Menyimpang Remaja,” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Volume, 2(1), hal. 59–71.

Safitri, Y. (2017) “Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Bahasa Balita di UPTD Kesehatan Baserah Tahun 2016,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), hal. 148–155. doi: 10.31004/obsesi.v1i2.35.

Salimar, Hastuti, D. dan Latifah, M. (2011) “Hubungan Beban Kerja, Pengetahuan Ibu, dan Pola Asuh Psikososial dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-5 Tahun pada Keluarga Miskin,” 34(1), hal. 39–49.

Santy, W. H. dan Irtanti, T. A. (2014) “Pola Asuh Orang Tua Mempengaruhi Temper Tantrum pada Anak Usi 2-4 Tahun di PAUD Darun Najah Desa Gading, Jatirejo, Mojokerto,” Jurnal Ilmiah Kesehatan, 7(12), hal. 73–81.

Sari, A. et al. (2010) “Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga dalam Fungsi Sosialisasi Keluarga terhadap Perkembangan Anak,” Jurnal Komunikasi Pembangunan, 08(2).

Sari, A. (2012) “Komunikasi Keluarga dalam Perkembangan Anak,” 3(1).

Syafei, M. S. (2002) Bagaimana Anda Mendidik Anak. Bogor: Ghalia Indonesia.

Thoha, H. M. C. T. (1996) Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Toha, C. (1996) Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ulya, L. L. (2013) Hubungan antara Pola Asuh Demokratis dengan Kemandirian dalam Pengambilan Keputusan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Vinayastri, A. (2015) “Pengaruh Pola Asuh (Parenting) Orang-Tua Terhadap Perkembangan Otak Anak Usia Dini,” Jurnal Ilmiah WIDYA, 3(1).


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/kr.v10i1.5533

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.