Open Journal Systems

Hadits Mukhtalif dan Pengaruhnya terhadap Hukum Fikih: Studi Kasus Haid dalam Kitab Bidãyatul Mujtahid

Muhammad Misbah, Muhammad Mibahs

Abstract

Artikel ini membahas tentang hadis mukhtalif dan pengaruhnya terhadap hukum fikih. Hadis mukhtalif adalah hadis-hadis yang secara lahirnya nampak kontradiktif. Bila ada dua hadis yang terlihat kontradiktif, maka itu bisa diselesaikan dengan menyelesaikan kontradiksi antar hadis ini dengan memakai teori ilmu muktalif hadis. Dalam ilmu muktalif hadis, mengkompromikan keduanya (al-jam’u wa at-taufîq). Alternatif kedua adalah metode nasakh, alternatif yang ketiga dengan metode tarjih. Bila ketiga metode itu tidak dapat menyelesaikan, maka opsi terakhir adalah bertawaqquf. Adapun sampel yang digunakan dalam artikel ini adalah kasus haid dalam kitab Bidãyatul Mujtahid. Hasilnya, adanya hadis-hadis mukhtalifberimplikasi terhadap perbedaan pendapat para ulama.

This article deals with mukhtalif hadith and its effect on the juristic law. Mukhtalif Hadiths are traditions that has appeared contradictory since it emerged. If there are two contradictory hadiths, then that can be solved by resolving the contradictions between these hadiths by using the theory of muktalif science of hadith. In the muktalif science of hadith, it compromised both (al-jam’u wa at-taufîq). The second alternative is the nasakh method, the third alternative is the tarjih method. If all three methods can not solve the problems, then the last option is doing tawaqquf. The sample used in this article is a case of menstruation in the book Bidãyatul Mujtahid. As a result, the existence of mukhtalif traditions has implications on the differences among scholars.


Keywords


hadis mukhtalif, ilmu mukhtalif hadis, Bidãyatul Mujtahid, hadis haid

References


al-Zayla‘ī, ‘Abd Allāh ibn Yūsuf. (1996). Nasb al-rayah takhrij ahadith al-Hidayah (Vol. 1). Darul Kutubul Ilmiyyah, Beirut.

Al-Haytami, A.-I. I. H. (n.d.). Tuhfatul Muhtaj Bisharhil Minhaj (Vol. 1). Dar Al Kotob Al-Ilmiyyah.

Aliyah, S. (2014). Teori Pemahaman Ilmu Mukhtalif Hadis. Jurnal Ilmu Agama, 15(2), 79–95.

Bay, K. (2011). Metode Penyelesaian Hadis-hadis Mukhtalif Menurut al-Syafi’i. Jurnal Ushuluddin, 17(2), 183–201.

Gazali, A. H. M. b M. al-Tusi al-. (1997). Al-Wasit fi l-madhab. Dar al-Salam.

Hassan, A. Q. (n.d.). Ilmu Musthalah Hadits. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Ibn Ḥanbal, A. ibn M. (2010). Masail al-imam Ahmad ibn Hanbal al-Fiqhiyah. Maktabah al Maarif li al Nasyr wa al Tauzi’.

Ibn Mazah. (n.d.). Muhit al-Burhani fi Fiqh al-Numani (Vol. 1).

Ibn Rushd. (2009). Bidayat al-Mujtahid wa-Nihayat al-Muqtasid. Dar al-Kitab al-Arabi, Beirut.

Ibyārī, I. al-. (1989). Al-Takmila li-kitab al-sila. Dar al-Kitab al-Lubnani.

‘Itr, N. (2012). Ulumul Hadis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Khatib, M. `Ajjaj. (2003). Usul al-Hadith : `ulumuhu wa-mustalahuhu (Tab`ah jadidah bi-ikhraj jadidah.). Dar al-Fikr,.

Misbah, M. (2015). Telaah terhadap Kitab Mawaid az-Zam'an ila Zawaid Ibnu Hibban Karya al Hafid al Haisami. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 1(1), 207–221.

Nawawi, J. al-D. ’Abd al-Rahman. (1989). Tadrib al-Rawi fi sharhi taqrib al-Nawawi. Dar al-Kitab al-’Arabi.

Pokok-pokok Ilmu Dirayah Hadis. (1967). Bulan Bintang.

Sahnun, M. I. S. I. H. (n.d.). Mudawwana Al-Kubra (Vol. 1). Dar Al-Kotob Ilmiyah, Beirut, Lebanon.

Suparta, M. (2002). Ilmu Hadis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Uthaymīn, M. ibn Ṣāliḥ. (1995). Sharh al-mumti ala Zad al-mustaqni (Vol. 1). Dar Ibn al-Jauzi.


Full Text: Untitled

DOI: 10.21043/riwayah.v3i1.3435

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.