Open Journal Systems

Memotret Peradaban Media (Qur'an-Hadis) di Indonesia

Muhammad Asmuni

Abstract

Zaman terus mengalami pergerakan progresif dengan menawarkan pelbagai pembaharuan di dalamnya. Salah satu ruang yang mengalami sentuhan perubahan adalah peradaban Qur’an-Hadis. Upaya penerjemahan nilai-nilai keduanya tidak lagi melalui mimbar yang serba verbalis, namun sudah mengalami pelompatan hebat dengan hadirnya media-media yang kreatif nan inovatif. Namun, kecermalangan ini bukan tanpa bayangan bahaya, media yang serba memudahkan mengimbas pada lubang-lubang kebebasan yang tidak jarang menyemburkan asap konflik. Konflik tersebut kadang hanya bersumber pada kedangkalan pemahaman terhadap konten ataupun sering juga disebabkan oleh aksi nakal para pengadudomba yang bertebaran di media massa. Fakta ini sangat menarik untuk ditindaklanjuti dalam sebuah penelitian sederhana. Ada peradaban baru yang terbentuk dalam menginternalisasikan pesan-pesan sumber primer ajaran agama. Media muncul dengan misi mempermulus aktivitas dakwah, namun disisi yang lain juga melahirkan kebebasan yang berujung pada ketegangan dan perang pemikiran. Begitu pun akses yang begitu mudah membuat siapapun secara cepat berubah status menjadi ahli agama dengan ceramah-ceramahnya.

Penelitian ini mencoba memotret fenomena perkembangan media dalam menyajikan nilai-nilai Qur’an dan Hadis di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi yang bertujuan inti pada pengungkapan fenomena dengan daya analisis di dalamnya. Pelbagai data baik cetak maupun online menjadi bahan perenungan ilmiah analitis peneliti, kemudian mengemasnya dalam bentuk sajian deskriptif. Penelitian ini datang dengan membawa misi sederhana, menyajikan hasil pemotretan atas bergulirnya gelombang peradaban yang terjadi pada dunia pengkajian Qur’an dan Hadis. Bagaimana media menjadi alat terbaru dalam menawarkan pesan-pesan damai sumber agama.

Keywords


Peradaban, Media, Qur’an-Hadis

References


Eriyanto, Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media, (Yogyakarta: Lkis, 2002).

Ginandjar Kartasasmita, Karakteristik dan Struktur Masyarakat Indonesia Modern, (Yotyakarta: 1997).

https://techno.okezone.com, diakses pada tanggal 13 september 2018.

Https;//Nasional.Kompas.Com; Diakses Pada Tanggal 14 September 2018.

Lilik Ummi Kulstum, Media Massa Sebagai Alternatif Penyebaran Pesan-Pesan Keagamaan Dakwah Berbasis Multikultural, Dalam Menara Tebuireng, Vol.2, No.1, September 2005.

Muhammad Fahmi, Dkk, Diskursus Islam Dalam Kostruksi Media (Analisis Wacana Kritis Berita Kasus Charlie Hebdo Di Media Surakarta), dalam Lingua, Vol. 10, No.2, Desember 2015.

Muhammad In’am Esha, Dialog Keagamaan (Mencemati Hambatan Dan Model Dialog Keagamaan), Dalam Paramedia, Vol.7, No.1, Januari 2016.




DOI: 10.21043/riwayah.v5i1.4932

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.