Perspektif Etika Bisnis Islam Pada Sistem Konsinyasi Dalam Strategi Reseller

Muhammad Khoirul Fikri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku bisnis Hamzah Batik Yogyakarta dalam perspektif etika bisnis Islam dan bagaimana pelaksanaan sistem konsinyasi Hamzah Batik Yogyakarta dengan supplier dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara langsung kepada reseller, supplier, dan jasa pengiriman. Selain itu juga diperoleh melalui pengamatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bisnis yang dijalankan oleh Hamzah Batik dalam perspektif etika bisnis Islam sudah cukup baik. Selain nilai dan etika bisnisnya, etika kepemimpinan yang ditunjukkan oleh pemimpinnya sudah baik. Pelaksanaan sistem konsinyasi Hamzah Batik dengan supplier dalam perspektif etika bisnis Islam yang dijalankan sudah cukup baik. Tidak ada pihak yang keberatan dan merasa dirugikan dalam kerjasama tersebut. Hak dan kewajiban telah dipenuhi oleh Hamzah Batik pada suppliernya. Tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh supplier dijaga dengan baik, sehingga mereka dapat menjalankan kerjasama selama ini. Meskipun belum ada perjanjian secara tertulis, terkait proses dan sistem konsinyasi telah berjalan dengan baik. Hak dan kewajiban yang diperoleh Hamzah Batik sejauh ini telah dipenuhi dengan baik, hanya saja sebagai perlindungan diri, alangkah lebih baik untuk bisa memiliki MoU atau perjanjian dengan supplier


Keywords


etika bisnis islam, reseller, konsinyasi

References


Abdullah, Ma’ruf. 2013. Manajemen Berbasis Syariah, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Abdurrahman Nana Herdiana. 2013. Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan, Bandung: Pustaka Setia.

Arifin. 1999. Pokok- Pokok Akuntansi Lanjutan, Ed. ke- 3, Cet. ke- 1. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Arjanto, Anwar. 2010. “Pelaksanaan Perjanjian Konsinyasi di Mirota Batik Kaliurang Yogyakarta”, Skripsi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Badroen, Faisal dkk. 2006. Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Bungin, Burhan. 2001. Metode Penelitian Sosial: FFormat Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University.

Cahyani, Erlin. 2015 “Pelaksanaan Penjualan Sepeda Motor dengan Sistem Konsinyasi antara PT. Capella Dinamik Nusantara dengan Chanel Honda Tend di Kecamatan Kampar Kiri Menurut Tinjauan Ekonomi Islam”, Skripsi UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Hasil wawancara dengan Bapak Heru selaku supervisor dan kepala gudangHamzah Batik jalan Margo Mulyo No. 09 Yogyakarta pada tanggal 5 Juli 2018.

P Siagian, Sondang. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rivai Veithzal, dkk. 2012. Islamic Business and Economic Ethics, Jakarta: Bumi Aksara.

S. Harahap, Sofyan. 2011. Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Jakarta: Salemba Empat.

Sampurno. 2013. Manajemen Stratejik: Menciptakan Keunggulan Bersaing yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Tabroni. 2005. Etika Spiritual Leadership. Malang: UMM Press.

Widayat, Utoyo. 1999. Akuntansi Keuangan Lanjutan: Ikhtisar Teori dan Soal, Ed. Revisi. Jakarta: LPFE UI.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/bisnis.v7i2.5731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.