EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MIND MAP PADA PELATIHAN PENGEMBANGAN PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN

Abdul Karim

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk membantu menyelesaikan
keterbatasan guru menemukan metode pembelajaran yang dapat
meningkatkan kreativitas belajar siswa. Penelitian menggunakan
pendekatan kualitatif dengan teknikParticipation Action Research.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang
efektif dapat memberikan semangat belajar siswa memiliki kriteria:
metode itu mampu memberikan semangat siswa menggali hal-hal
baru, merangsang otak kiri dan otak kanan berkembang secara
proporsional, dapat menghasilkan ide-ide baru dan
mengembangkan keterampilan baru. Pelatihan metode
pembelajaran mind map, dapat membantu guru: lebih mudah
memahami materi pembelajaran, lebih mudah mengembangkan
2 Journal of Social Science Teaching
materi pembelajaran dan mengingat kembali, dapat
mengembangkan kreativitas dan menyenangkan. Disarankan
kepada para guru dapat mengembangkan penggunaan metode mind
map untuk mempermudah memahami dan mengembangkan materi
pembelajaran serta memperkuat dingatan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Nggermanto, Agus. 2003. Quantum Quotient Kecerdasan Quantum.

Cara & praktis Melejitkan IQ, EQ, dan SQ Yang Harmonis, Cet. V

., Bandung: Nuansa.

Nasih,Ahmad Munjin dan Lilik Nur Kholidah.2009. Metode dan Teknik

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Rafika

Aditama.

Arsyad, Azhar. 2004. Bahasa Arab dan Metode Pengajaranyacet. II

,Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitataif Komunikasi, Ekonomi,

Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana

Prenada Group.

Caroline, Edward. 2009. Mind mapping Untuk Anak Sehat dan

Cerdas,Yogyakarta: Sakti.

Marut, Don K. 2004. Riset Aksi Partisipatoris: Riset Pemberdayaan dan

Pembebasan. Yogyakarta: Insist Press.

Jansen, Eric. 2008. Brain Based Learning: Pembelajaran Berbasis

Kemampuan Otak Cara Baru Dalam Pengajaran dan

Pelatihan,terj. Narulita Yusron, Cet. I ,Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Hernowo, 2005.Mengubah Sekolah : Catatan-Catatan Ringan

Berbasiskan Pengalaman,Bandung: MLC.

Maksudin.2015. Pengembangan metodologi Pendidikan Agama Islam

Pendekatan Dialektik, Cetakan I , Yogyakarta: Penerbit

Pustaka Pelajar.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman. 1994. Qualitative Data

Analysis: An Expanded Sourcebook. London: SAGE

Publications, Inc.

Nusa, Putra. 2009. Riset Partisipatori: Medode Pemberdayaan

Masdrasah, Pesantren, dan Madrasah Dampingan PTAI.

Jakarta: Kemenag RI Direktorat Jendral Pendidikan Islam dan

Direktorat Pendidikan Islam.

Fathurrohman, Pupuhdan Sobri Sutikno.2009. Setrategi Belajar

Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Konsep

Islam,Bandung: Rafika Editama.22 Journal of Social Science Teaching

Hermawati, Retno.2009. Penerapan Metode Peta Pikiran (Mind

mapping) (untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Cerita

Pendek Pada Peserta didik Kelas X SMA Muhammadiyah

Salatiga,Tesis, (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Sebelas Maret Salatiga: Tidak Diterbitkan).

Taggard, Robin MC. 1991. Action Research: A Short Modern

History,Victoria: Deakin University.

Suprijanto. 2008.Pendidikan Orang Dewasa, Dari Teori Hingga

Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara.

Buzan, Tony.2002. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas,

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

-----------------. 2010. Buku Pintar Mind mapping, terjemahan Susi

Purwoko, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wiliana. Beberapa Faedah Penerapan Mind mappingdalam

Pembelajaran, wrplit.blogspot.com, diakses pada tanggal 22

Juni 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/ji.v1i1.3098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Ijtimaiya Journal by Prodi Tadris IPS IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.