MENGEMBANGKAN BERFIKIR KREATIF MELALUI MEMBACA DENGAN MODEL MIND MAP

Abdul Karim

Abstract


Kajian tulisan ini mengurai permasalahan yang berkaitan dengan bagaimana mengembangkan kreativitas itu, serta bagaimana model membaca yang dapat mengembangkan kreativitas. Tujuannya untuk memahami langkah-langkah mengembangkan kreativitas, dan memahami strategi membaca yang dapat mengembangkan kreativitas berfikir. Untuk mendapatkan jawaban, diuraikan teori mengembangkan kreativitas serta dijabarkan strategi membaca yang lebih efektif dapat meningkatkan kreativitas dengan memanfaatkan model berfikir mind map. Kesimpulan kajian ini menjelaskan bahwa, mengembangkan kreativitas membutuhkan: pertama, keberanian dalam merespon permasalahan untuk memunculkan gagasan baru yang dapat direalisasikan. Kedua, keberanian memecahkan persoalan secara realistis, sehingga mudah diterjemahkan menjadi langkah-langkah teknis. Ketiga, keberanian mempertahankan ide-ide yang diikuti dengan keberanian melakukan penilaian dan mengembangkan kegiatan lebih lanjut. Kreativitas berfikir dapat berkembang dengan lebih efektif apabila mampu meningkatkan kualitas berfikir secara divergen dan konvergen serta meningkatkan kualitas hasil membaca dengan memanfaatkan model mind map.

Keywords


Berfikir Kreatif; Membaca Model Mind Map

Full Text:

PDF

References


Alvian. 1983. Kreativitas dalam Perdebatan. Jakarta: Dian Rakyat.

Astri Novia. 2010. Melatih Otak Setajam Silet. Yogjakata: Media Pressindo

Buzan, Tony. 2002. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Buzan, Tony. 2010. Buku Pintar Mind mapping. terjemahan: Susi Purwoko. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Edward, Caroline. 2009. Mind mapping Untuk Anak Sehat dan Cerdas, Yogyakarta: Sakti.

Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak (Jilid 1 Edisi keenam). Jakarta : Erlangga.

Eric Jansen. 2008. Brain Based Learning : Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak Cara Baru Dalam Pengajaran dan Pelatihan. terjemahan: Narulita Yusron, Cet. I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Guilford, J.P. 1986. Creative Talents: Their Nature, Uses and Development. Buffalo, NY: Bearly Ltd.

Hernowo. 2005. Mengubah Sekolah : Catatan-Catatan Ringan Berbasiskan Pengalaman. Bandung: MLC.

Heru Basuki, A. M. 2005. Kreativitas, Keberbakatan Intelektual dan Faktor-Faktor Pendukung dalam Pengembangannya. Jakarta: Gunadarma.

Hurlock, Elizabeth, B. 1978. Child Development, Sixth Edition. New York : Mc. Graw Hill, Inc.

Merry Wahyuningsih. 2011. Lima Manfaat Membaca Buku untuk Kesehatan http://health.detik.com.

Munandar, Utami, 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasih, Ahmad Munjin dan Lilik Nur Kholidah. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Rafi ka Aditama.

Ngalim, M. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakaya.

Nggermanto, Agus. 2003. Quantum Quotient Kecerdasan Quantum. Cara praktis Melejitkan IQ, EQ, dan SQ Yang Harmonis. Cet. V. Bandung : Nuansa.

Retno Hermawati. 2009. Penerapan Metode Peta Pikiran (Mind mapping) (untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Cerita Pendek Pada Peserta didik Kelas X SMA Muhammadiyah Salatiga, Tesis, (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret Salatiga: Tidak Diterbitkan.

Rose, Colin; Malcolm J. Nicholl. 2006. Accelerated Learning for the 21st Century; Cara Belajar Cepat Abad XXI. Terjemahan: Dedy Ahimsa. Bandung: Nuansa.

Wiliana. 2013. Beberapa Faedah Penerapan Mind mapping dalam Pembelajaran. wrplit.blogspot.com, diunduh pada tanggal 22 Juni 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v2i1.1188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.