MENUMBUHKAN MINAT BACA DENGAN PENGENALAN PERPUSTAKAAN PADA ANAK SEJAK DINI

Shofaussamawati Shofaussamawati

Abstract


Masyarakat Indonesia termasuk masyarakat yang tidak atau kurang gemar membaca. Padahal mayoritas penduduk Indonesia adalah beragama Islam, dimana ajaran pertama yang disampaikan kepada orang Islam adalah perintah untuk membaca. Dengan membaca bisa kita dapatkan berbagai manfaat, Membaca sangat penting bagi kehidupan manusia. Kegiatan membaca buku merupakan kegiatan kognitif yang mencakup proses penyerapan pengetahuan, pemahaman, kemampuan analisis, kemampuan sintesis, dan kemampuan evaluasi. Dengan terbiasa membaca maka seseorang akan memiliki cakrawala pengetahuan yang luas, kreativitas terbuka, imajinasi tinggi, pemikiran yang maju dan berkembang serta menjadi cikal bakal pemberdayaan manusia yang cerdas dan berintelektual. Membaca adalah wujud dari sifat pembelajar. Sangat pantas jika buku disebut sebagai jendela dunia dan membaca merupakan investasi masa depan,tapi mengapa masyarakat kita kurang gemar membaca.

Banyak factor yang melatar belakangi mengapa masyarakat Indonesia kurang gemar membaca. Di antaranya kurangnya ketersediaan buku karena harga buku yang mahal padahal daya beli masyarakat masih rendah. Oleh karena itu perlu adanya keterlibatan secara aktif dari berbagai pihak seperti orangtua, guru dan pemerintah untuk menumbuhkan minat baca sejak dini dengan memperkenalkan perpustakaan sejak dini. Akan tetapi, sulit mengharapkan anak-anak dan remaja untuk datang ke perpustakaan tanpa ada upaya yang jitu dan daya tarik dari perpustakaan itu sendiri. Menghadirkan perpustakaan yang ideal dan ramah anak adalah salah satu titik penting keberhasilan tujuan ini mengingat daya beli masyarakat terhadap buku masih rendah.


Keywords


Minat Baca; Perpustakaan; anak

Full Text:

PDF

References


Darmaningtyas. 2008. Membangun Paradigma Berpikir Masyarakat Atas Budaya Baca, Intelekktualisme, dan Perpustakaandalam FA. Wiranto (Ed.), Perpustakaan Dalam Dinamika Pendidikan dan Kemasyarakatan. Semarang: Unika Soegiyapranata.

Karyono, Hari. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Usia Dini,http:/harikaryo.wordpress.com. Diakses pada tanggal 3 November 2014.

Murtiyarini. Perpustakaan Ramah Anak Untuk Indonesia Membaca, asacinta.blogspot.com. Diakses pada tanggal 5 November 2014

Paulus Mujiran, Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Sejak Dini dalam FA. Wiranto (Ed.), Perpustakaan Dalam Dinamika Pendidikan dan Kemasyarakatan. Semarang: Unika Soegiyapranata.

Prasetyono,Dwi Sunar. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think

Wiranto, F.A. 2008. Perpustakaan Sekolah Sebagai Arena Pengembangan Diri Siswa Wiranto (Ed.), Perpustakaan Dalam Dinamika Pendidikan dan Kemasyarakatan. Semarang: Unika Soegiyapranata.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v2i1.1189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.