ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA OPAC DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS DI PERPUSTAKAAN STAIN SALATIGA

Itmamudin Itmamudin

Abstract


Penelitian ini berjudul analisis kepuasan pengguna opac dan dampaknya terhadap loyalitas di Perpustakaan STAIN Salatiga, dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan pengguna OPAC ditinjau dari 5 (lima) aspek content (isi), accuracy (keakuratan), ease (kemudahan), format (bentuk), timeliness (ketepatan waktu) dan pengaruhnya terhadap loyalitas pengguna.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Snowballing sampling pada 3 (tiga) orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi. Setelah mendapatkan hasil penelitian awal melalui wawancara dan observasi, kemudian peneliti melakukan wawancara dan observasi lanjutan untuk mendapatkan data mengenai loyalitas pengguna.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna OPAC pada sistem informasi perpustakaan SIPRUS belum puas terhadap OPAC dari sisi content (isi), accuracy (keakuratan), ease (kemudahan), format (bentuk), timeliness (ketepatan waktu) dalam menyajikan data kepada pengguna. Meskipun pengguna tidak puas dengan OPAC, namun tidak berdampak pada loyalitas mereka untuk tetap menggunakan OPAC sebagai salah satu sarana yang ada di perpustakaan untuk melakukan penelusuran.


Keywords


User Satisfaction; Library Information System; OPAC; User loyality

Full Text:

PDF

References


Alter, Steven. 1992. Information System A Management Perspective. The Benjamin/Cummings Publishing Company Inc.

Bodnar, George H, dan hopwood. 1993. Accounting Information System System 5th Edition. Prentice-Hall.Inc.

Charlesto, sekundera p.l. 2006. Analisis Penerimaan Pengguna Akhir Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model Dan End User Computing Satisfaction Terhadap Penerapan Sistem Core Banking Pada Bank ABC. Semarang : Universitas Diponegoro

Chudowri, GG. 2004. Introduction to Modern Information Retrieval, Second Edition. London : Facet Publishing

David dan Olson dalam Abdul Jalil. 2008. Studi Empiris tentang Faktorfaktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Akhir atas Aplikasi Sistem Akuntansi Instansi dan Sistem Akuntansi Aset Tetap pada Jajaran Kanwil Depatemen Agama Propinsi Jawa Tengah. Semarang : Program studi Magister Sins Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Diponegoro

Doll. W.J., dan Torkzadeh G. 1988. The Measurement Of End User Computing Satisfaction. Misquartelly.

Feather, John and Paul Sturges. 1997. International Encyclopedia Of Information And Library Science. London: Routledge.

Gelinas, Ulric J., Oram, Allan E.,Wiggins, William P. 1991. Accounting Information Systems. PWS-KENT Publishing Company.

Hak, Ade Abdul. [TT]. Rencana Startegis dan Standar Cobit untuk Sistem Informasi Perpustakaan Terintregrasi dalam mewujudkan Universitas Bertarat International, (Jakarta: t.p.)

Hamidi. 2007. Metode Penelitian Kualitatit. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang Press

Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Jogjakarta : Andi Offset

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2000. Principles of Marketing, 6ed. Englewood liffs, N.J : PrenticeHall International,In.

Moloeng, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Subari, Tata. 2004. Analisa sistem informasi. Jogjakarta : Andi Offset.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sulistyo-Basuki, 1992, Teknik dan Jasa Dokumentasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sulistyo-basuki, 1995, Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Wilkinson, Joseph W. 1992. “Accounting and Information Systems”, Jhon Wiley & Sons.Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v2i2.1202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.