PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATkAN MUTU PERGURUAN TINGGI

Budi Handari

Abstract


College is an educational unit is obliged to keep higher education, and higher education is a sub-system of the National Education System. Together with other sub-systems, colleges are required to seek the realization of the vision and mission of the National Education System as well as to optimize the implementation of the national strategy of national education development. One mission that must be realized is to seek expansion and equal access to quality education for all Indonesian people. Thus the realization of high-quality education is obligatory. College as an entity consisting of various sub-systems, among which is the library. That’s why the success of universities to improve and maintain its quality, among others, are also determined by how much the contributions made by the sub-system, including libraries.The amount of contributions to improve the quality of colleges is directly proportional to the quality of the library. The realization of library management quality is affected by the condition of the elements of the existing library, such as infrastructure, funding, library collections, quality of service and human resources.

Perguruan Tinggi merupakan satuan pendidikan yang berkewajiban untuk menyelenggarakan Pendidikan Tinggi, dan pendidikan tinggi adalah merupakan sub sistem dari Sistem Pendidikan Nasional. Bersama dengan sub-sub sistem lainnya, Perguruan Tinggi wajib untuk mengupayakan terwujudnya visi dan misi Sistem Pendidikan Nasional serta mengoptimalkan implementasi strategi pembangunan pendidikan nasional. Salah satu misi yang harus diwujudkan adalah mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan demikian, terwujudnya Perguruan Tinggi yang berkualitas adalah wajib hukumnya. Perguruan Tinggi merupakan suatu entitas yang terdiri dari berbagai sub sistem, di antaranya adalah perpustakaan. Karena itulah keberhasilan Perguruan Tinggi untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitasnya, antara lain juga ditentukan oleh seberapa besar kontribusi yang diberikan oleh sub-sub sistemnya, termasuk perpustakaan. Besaran kontribusi terhadap upaya peningkatan kualitas Perguruan Tinggi berbanding lurus dengan kualitas penyelenggaraan perpustakaan. Terwujudnya penyelenggaraan perpustakaan yang berkualitas dipengaruhi oleh kondisi unsur-unsur perpustakaan yang ada, seperti sarana dan prasarana, pendanaan, koleksi bahan pustaka, kualitas pelayanan dan sumberdaya manusia.


Keywords


National Education; Higher Education; Quality of College; Libraries Contributions

References


Asep Afia, “Tata Tulis Karya Ilmiah”, dosen.narotama.ac.id, 2001.

Deni Hardianto,“Studi Tentang Minat Baca Mahasiswa FIP UNY” staff.uny.ac.id.2009.

Dew, John, “Quality Issues in Higher Education”, www.troy.edu, 2004.

Eko Nugroho,“Urgensi Pemeringkatan Universitas”, Doa-bagirajatega.blogspot.com,2013.

Häggström,Britt Marie, “The Role of Libraries in Lifelong Learning”, International Federation of Library Associations.www.ifla.org. 2012.

Hendra Gunawan, “Mendambakan Perguruan Tinggi Berkualitas”,personal.fmipa.itb.ac.id, 2013.

Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar, Metodologi Penelitian Sosial,(Jakarta: Bumi Aksara, 2004).

Imran Berawi, “Mengenal Lebih Dekat Perpustakaan Perguruan Tinggi”, Jurnal Iqra’ Vol. 06 Mei 2012.download.portalgaruda.org, 2012.

Jamaluddin Kulle, “Pengaruh Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar MahasiswaDi Universitas Hasanuddin, www.academia.edu,2016.

Kuh, George D. and Robert M. Gonyea, “The Role of the Academic Library in Promoting Student Engagement in Learning”,kuh@indiana.edu.2003.

Leila Retna Komala,“Pengembangan Minat Baca dan Perpustakaan”. dalam Proceeding Rakor Pengembangan Perpustakaan Sekolah dan Masyarakat. Jakarta : Perpusnas RI, 2004.

Lunandi,AG,Pendidikan Orang Dewasa,(Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993).

Moh. Nazir, Metode Penelitian. (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1999).

Pamuntjak-Sjahrial, Ny. Rusina, Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan,(Jakarta: Penerbit Djambatan , 2000).

Rhenald Kasali, Change,(Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005).

Siagian,Sondang, Manajemen Sumber Daya Manusia,(Jakarta: Bumi Aksara,2000).

Siswati, “Minat Membaca Pada Mahasiswa (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP Semester I)”. Jurnal Psikologi Undip Vol. 8, No.2, Oktober 2010.ejournal.undip.ac.id, 2010.

Sukrawan Niyamabrata, “Jenis-Jenis Metode Pendekatan Karya Tulis”,https://konsen.wordpress.com, 2013.

Taufik Nurohman, “Teori Sistem David Easton”,taufiknurohman25.blogspot.com, 2011.

The ACRL Board of Directors, “Standards for Libraries in Higher Education”, www.ala.org, 2011.

Triirfaindrayani, “Paradigma Baru Manajemen Perguruan Tinggi Di Indonesia”, https://triirfaindrayani.wordpress.com, 2010.

Tunde, Omopupa Kamal & Abdul Raheem Issa, “The Quality of Nigerian Higher Education and The Funding of Library Resources”.Ozean Journal of Social Sciences 6(2) 2013.ozelacademy.com, 2013.

Waller, Vivienne and Ian McShan,“Analysing The Challenges For Larger Public Libraries in the Twenty-First” First Mind Journal Volume 13, Number 12 - 1 December 2008.

_________.Quality and Relevance in Higher Education.ec.europa.eu/education

_________.The Global Competitiveness Report 2015-2016.reports.weforum.org




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v4i1.1247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.