MENCIPTAKAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG TENANG DAN NYAMAN (Studi di Perpustakaan STAIN Kudus)

Dewi Yantiningsih, Santoso Santoso

Abstract


Perpustakaan STAIN Kudus adalah unit pelaksana teknis yang merupakan kelengkapan perguruan tinggi di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Sebagai unit pelaksana di lembaga pendidikan tinggi, perpustakaan STAIN Kudus berperan sebagai perangkat kerja yang memberikan pelayanan, melestarikan serta menyebarkan ilmu pengetahuan yang ada dalam koleksi perpustakaan kepada anggota civitas akademika. Pelayanan perpustakaan terhadap pemustaka merupakan kegiatan pemberian pelayanan pengunjung perpustakaan dalam menggunakan, meminjam, mengembalikan dan mencari informasi. Perpustakaan sebagai media pembelajaran merupakan tempat penyedia berbagai macam kumpulan bahan pustaka baik berbentuk buku, majalah, undang-undang, kamus, hasil penelitian dan bacaan-bacaan lainnya, untuk menumbuhkan pikiran-pikiran baru (inspirasi), penerangan (informasi) bagi pengguna yang memerlukan ilmu pengetahuan yang dapat mempengaruhi perkembangan pengetahuan pribadi seseorang/pemustaka. Membaca merupakan suatu aktivitas penggabungan antara mata dengan pikiran yang bekerja secara maksimal sehingga dapat menyebabkan kelelahan dan kejenuhan. Oleh sebab itu, perpustakaan harus dapat membuat pemustaka bisa merasa nyaman agar mereka tidak merasa jenuh dan cepat lelah. sudah semestinya ruang perpustakaan dibuat menjadi nyaman dan tenang agar pemustaka merasa betah dalam menghabiskan waktu di perpustakaan untuk membaca maupun mencari buku/literer.

Keywords


Perpustakaan; Media Pembelajaran; Tenang dan Nyaman

Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo, Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional, DIVA Pres,Jogjakarta, 2012.

Arief S. Sadiman, dkk., Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2006.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005.

Bobbi DePoster & Mike Hernacki, Quantum Learning (Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan), Kaifa, Bandung, 1999.

Hari Susanto, Jurnal Perpustakaan Sekolah, Tahun 1 – Nomor 1 April 2007

Ibrahim Bafadal, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Bumi aksara, Jakarta, 1999.

Imas Maesaroh, Makalah disampaikan dalam Workshop Kepustakaan “Manajemen Perpustakaan Berbasis IT”, di Gedung Rektorat Latai 3 STAIN Kudus pada tanggal 23 September 2015.

Oemar Hamanik, Media Pendidikan, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung, 1989.

Qalyubi, Sihabuddin dkk. Dasar-dasar ilmu perpustakaan dan informasi, Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2003.

Sulistyo-Basuki. Pengantar Ilmu Perpustakaan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1993.

Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran, Pedagogia, Yogyakarta, 2012.

Sutarno NS. Perpustakaan dan Masyarakat, CV. Sugung Seto, Jakarta, 2006.

Tim Dosen FIP IKIP Yogyakarta, “Bacaan Wajib, Media Pengajaran”, Diklat, FIP IKIP, Yogyakarta, 1992.

Tim Penyusun Buku Panduan Perpustakaan STAIN Kudus, Buku Panduan Perpustakaan STAIN Kudus, Perpustakaan STAIN Kudus, Kudus, 2014.

Yudhi Munadi, Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru), Referensi (GP Press Group), Jakarta, 2013.

Undang-Undang Perpustakaan Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v3i1.1576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.