PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DIGITAL

Yuyun Widayanti

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang di singkat ICT (Information and Communication Technology) membawa perubahan dalam berbagai sektor, termasuk dunia perpustakaan. Perkembangan internet dan perkembangan sumber informasi baru begitu cepat sehingga menuntut perpustakaan untuk melakukan suatu langkah perubahan, baik dalam bentuk koleksi maupun dalam hal pola pelayanannya. Perpustakaan digital menawarkan kemudahan bagi para penggunanya untuk mengakses sumber informasi elektronik dengan alat yang menyenangkan pada waktu dan kesempatan yang terbatas. Pengguna tidak lagi terikat secara fisik pada jam layanan perpustakaan dimana pengguna harus mengunjungi perpustakaan untuk mendapatkan informasi. Oleh karena itu, perpustakaan digital dapat memfasilitasi dan memecahkan persoalan keterbatasan akses tersebut.

Keywords


perpustakaan; digital; teknologi informasi; sumber informasi

Full Text:

PDF

References


Dana, Timotius. 2008. Pengembangan Digital Library Perpustakaan Universitas Atmajaya Yogyakarta : Seminar Nasional Informatika. UPN ”Veteran” Yogyakarta, 24 Mei 2008.

Hasibuan, Zainal A. 2005. Pengembangan Perpustakaan Digital : Studi Kasus Perpustakaan Universitas Indonesia. Makalah Pelatihan Pengelola Perpustakaan Perguruan Tinggi. Cisarua - Bogor, 17-18 Mei 2005.

Pendit, Putu Laxman. 2005. Perpustakaan Digital : Prspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia. Jakarta : Perpustakaan Universitas Indonesia.

Saleh, Abdul Rahman. 2010. Membangun Perpustakaan Digital : step by step. Jakarta : Sagung Seto.

Saleh, Abdul Rahman. 2014. Pengembangan Perpustakaan Digital. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

Siregar, A. Ridwan. 2004. Perpustakaan Energi Pembangunan Bangsa. Medan : USU Press.

----------. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta : Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi.

Wahono, Romi Satria. Teknologi Informasi untuk Perpustakaan : Perpustakaan Digital adan Sistem Otomasi Perpustakaan

Yani, Ahmad. 2014. Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Mutu Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Yuadi, Imam. tt. Perpustakaan Digital : paradigma, konsep dan teknologi informasi yang digunakan. http://journal.unair.ac.id/filerPDF/PERPUSTAKAAN DIGITAL.pdf. diakses tanggal, Juni 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v3i1.1579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.