DIGITAL LIBRARY: MENGENAL AL-MAKTABAH AL-SYAMILAH

Nur Aris

Abstract


Artikel ini membahas konsep dasar digital library dengan mengambil software al-Maktabah al-Syamilah sebagai sampel. Pembahasan ini dilatarbelakangi oleh perkembangan perpustakaan di era kemajuan teknologi informasi yang salah satunya adalah ditandai dengan era digitalisasi berbagai informasi. Namun fakta di lapangan, masih terdapat banyak perustakaan yang manual, atau ada juga perpustakaan yang mengaku digital tetapi masih berasa manual. Hal ini di antaranya disebabkan oleh ketidakakuratan dalam konseptualisasinya, misalnya konsep digital library identik dengan software perpustakaan seperti OPAC dan lain sebagainya. Dari persoalan ini tampaknya perlu sekali untuk membahas secara mendasar ciri-ciri digital library dengan memfokuskan kajian pada suatu software digital library yang sudah teruji, yaitu al-Maktabah al-Syamilah. Dari pembahasan ini dapat ditemukan bahwa digital library adalah perpustakaan yang koleksinya tidak lagi berbentuk cetak tetapi digital. Digitalisasi koleksi perpustakaan akan berdampak pada pencarian informasi yang sangat mudah dan pengelolaannya pun sangat murah, fleksibel dan praktis.

Keywords


Digital library; digital collections; practically used; al- Maktabah al-Syamilah

Full Text:

PDF

References


Greenstein, Daniel. (2001) Digital Libraries and Their Challenges dalam Library Trends, Vol 49, No.2. University of Illionis.

Hornby, AS. (1974). Oxford Advanced Leaner’s Dictionary English, Oxford: Oxford University Press.

Subrata, Gatot. (2009). Perpustakaan Digital dalam Pustakawan Perpustakaan UM.

Sugono, dkk. (2008). Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional

Sulistyowati, & Lilik (2010). Arah Pembangunan Perpustakaan Digital Nasional Indonesia, makalah disampaikan pada Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-3 pada tanggal 2-4 November 2010 di Hotel Horison Bandung.

Supsiloani, (20060. Perpustakaan Digital sebagai Wujud Penerapan Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi Dalam Pustaka. Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol.2 No.1 Juni 2006

Software: al-Maktabah al-Syamilah al-Isdar al-Tsani, versi 2.11.

http://www.shamila.ws

Vijaykumar, JK, T.Th, Digital Library Development: Major Issues Of Externally Published Contents.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v3i2.1589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.