MENGAKTIFKAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Muzdalifah M Rahman

Abstract


Perpustakaan sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan sangat penting keberadaannya bagi masyarakat, terutama perpustakaan sekolah yang menjadi wadah tempat disimpannya alat-alat bantu anak-anak untuk belajar, yaitu literatur. Keberadaan perpustakaan sekolah menjadi penting mengingat masa usia sekolah merupakan kesempatan yang baik untuk membiasakan anak-anak membaca. Keberadaannya sangat membantu anak-anak untuk memperdalam pengetahuan secara lebih luas.


Minat baca yang rendah yang terjadi saat ini, harus dimulai dari pengoptimalan fungsi perpustakaan sekolah ketika lingkungan keluarga tidak berfungsi dengan baik. Asumsi demikian didasarkan pada perilaku anak-anak yang masih cenderung meniru dan mengadopsi perilaku orang lain yang ada di sekitarnya, terutama yang menjadi idolanya. Sekolah sebagai lingkungan kedua setelah keluarga memiliki andil besar dalam pembentukan minat baca anak. Ketika di keluarga tidak ada tuntutan atau teladan dari orang tua untuk membiasakan membaca, maka sekolah masih memiliki harapan bagi pengembangan minat baca anak.


Optimalisasi fungsi perpustakaan sekolah tidak terbatas pada pembenahan dan peningkatan manajemen perpustakaan sekolah, melainkan juga harus disertai kesadaran dari seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berada di lingkungan sekolah, khususnya guru dan kepala sekolah, untuk memberikan teladan yang baik terkait kegiatan membaca. Tanpa adanya dorongan dan model panutan dari para guru dan seluruh SDM yang ada, perpustakaan tidak akan berfungsi secara optimal meskipun memiliki manajemen yang baik. Dapat dikatakan, eksistensinya hanya berguna bagi para siswa yang memiliki minat baca yang tinggi.


Keywords


Perpstakaan sekolah

Full Text:

PDF

References


Bafadal, I. (2001). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Basuki, S. (1993). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Erianto, D. (2015). Popularitas Perpustakaan Semakin Pudar Dilibas Digital. Diakses pada 10 November , 2015 dari http://print.kompas.com/baca/2015/09/15/Popularitas-Perpustakaan-Semakin-Pudar-Dilibas-Dig?utm_source=bacajuga

El-Fikri, S. (2015). Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat. Diakses pada 20 November, 2015 dari http://www.republika.co.id/berita/jurnalismewarga/wacana/15/05/26/noyj6v-menumbuhkan-minat-baca-masyarakat tanggal 10 November 2015.

Kumalawati, D., & Wahyuni, H. I., Learning Commons sebagai Upaya Perpustakaan Perguruan Tinggi Menghadapi Perubahan Perilaku Generasi Internet. Dalam Prosiding Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi untuk Net Generation: Tantangan dan Peluang, Universitas Muhammadiyah Jember, 7-8 November 2014.

Nawawi, H. dkk. (1986) Administrasi Sekolah. Yogyakarta: Ghalia Indonesia.

Rohmad, A. (2009). Kapita Selekta Pendidikan. Teras: Yogyakarta.

Romdhoni, A. (2013). Al-Quran dan Literasi, Sejarah Rancang-bangun Ilmu-Ilmu Keislaman. Linus: Jakarta.

Rodiah, S. (2009, Januari). Kegiatan Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Mendukung Tujuan Sekolah. Artikel, Penyuluhan Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah Di MTs Salafiyah Karangsari, Kecamataan Leuwigoong Garut, hlm.

Suadi. (2015). Eksistensi Perpustakaan di Era Internet. Diakses pada 9 November, 2005 dari http://www.neraca.co.id/article/53105/eksistensiperpustakaan-di-era-internet-oleh-suadi-alumnus-umsu-medan tanggal 9 November 2015.

Surachman, A. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Di akses dari http://eprints.rclis.org/10890/1/manpersek.pdf tanggal 9 November 2015

Tim Penyusun, (2008). Kamus Pusat Bahasa, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa.

UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Widiasa, I. K. (2007). Manajemen Perpustakaan Sekolah Jurnal Perpustakaan Sekolah, 1 (1), diikuti halaman awal dan akhir dengan garis pisah……




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v3i2.1590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.