MELALUI PERPUSTAKAAN KITA BUDAYAKAN FALSAFAH “IQRA”

Istianah Istianah

Abstract


Perpustakaan adalah suatu institusi yang menyimpan dan mengelola berbagai informasi. Perpustakaan juga merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya sekaligus fungsi sumber informasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Peran perpustakaan demikian penting terhadap masa depan suatu bangsa. Perpustakaan sebagai sumber ilmu, sumber belajar dan sumber informasi oleh segenap lapisan masyarakat. Oleh karena itu, perpustakaan harus terus berusaha membantu masyarakat untuk gemar membaca sehingga generasi yang cerdas.


Ajaran Islam merupakan ajaran yang mengedepankan budaya membaca. Hal ini terbukti bahwa wahyu yang pertama kali turun tentang perintah membaca (QS. Al Alaq [96]:1-5). Membaca demikian sangat penting, karena dengan membaca akan meningkatkan pengetahuan dan sekaligus akan bertambah wawasan keilmuannya.


Melalui perpustakaan, mari kita budayakan falsafah iqra’. Perintah membaca menjadi tuntunan pertama yang diberikan Allah SWT kepada manusia. Demikianlah, falsafah iqra’ merupakan syarat pertama dan utama bagi keberhasilan manusia. Tidaklah mengherankan jika wahyu yang pertama adalah perintah untuk membaca. Dengan membaca dapat menggali bakat serta memacu daya nalar dan melatih konsentrasi dan yang terpenting lagi terhindar dari penyakit demensia (penyakit yang merusak jaringan otak).


Keywords


perpustakaan; budaya; falsafah iqra’

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahnya. Departemen Agama republik Indonesia.

Darmaningtyas, (2008). Membangun Paradigma Berpikir Masyarakat atas Budaya Baca, Intelektualisme, dan Perpustakaan, Semarang: UNIKA Soegijapranata

Mujiran, Paulus, (2008). Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Sejak Dini, Semarang: UNIKA Soegijapranata

Prasetyono, Dwi Sunar. (2008). Rahasia Mengajar Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini, Yogyakarta: Think

Shihab, M. Q., (1999). Membumikan Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan

_________, Shihab., (1997). Tafsir al-Qur’an al-Karim Tafsir atas Suratsurat Pendek Berdasarkan Urutan Turunnya Wahyu. Bandung: Pustaka Hidayah

_________, Lentera Hati,. (2001). Bandung: Mizan

www. Blogspot.com. diakses, 7 November 2015

www. kompasiana. com. diakses 9 November 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v3i2.1591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.