OTOMASI PERPUSTAKAAN DI PERPUSDA KUDUS MENGGUNAKAN SENAYAN LIBRARY

Ari Joko Purwanto

Abstract


Otomasi Perpustakaan merupakan sebuah proses pengelolaan perpustakaan dengan menggunakan bantuan Teknologi Informasi (TI). Dengan otomasi perpustakaan proses pengolahan data koleksi perpustakaan menjadi akurat dan cepat untuk ditelusuri kembali. Otomasi perpustakaan (Library Automation) juga merupakan pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) untuk kegiatan-kegiatan perpustakaan yang meliputi pengadaan, pengolahan, penyimpanan, dan menyebarluasan informasi juga mengubah sistem perpustakaan manual menjadi sistem perpustakaan yang terkomputerisasi. Di Perpusda Kabupaten Kudus menggunakan aplikasi SENAYAN Library yang didapatkan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Keywords


Informasi; Otomasi; Perpustakaan; Senayan

Full Text:

PDF

References


Arief. (2003). Konsep dan Perencanaan dalam Otomasi Perpustakaan. Makalah Seminar dan Workshop Sehari Membangun Jaringan Perpustakaan Digital dan Otomasi Perpustakaan Menuju Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Universitas Muhammadiyah Malang, Oktober 2003. 14 hlm.

Basuki, S.(1994). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramedia

Daryono. (2009). Pengembangan Perpustakaan Umum Daerah dan Perpustakaan Sekolah. (http://daryono.staff.uns.ac.id). Diakses pada tanggal 6 April 2015.

Hendro Wicaksono (hendro.wicaksono@diknas.go.id) dan Arie Nugraha (arie@senayan.diknas.go.id). Diakses pada tanggal 18 April 2015.

http//www.senayandiknas.go.id . Diakses pada tanggal 6 April 2015.

Jogiyanto. (2003). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.

On Fisika. 2013. Program Aplikasi Automasi Perpustakaan Senayan.

PERDA Nomor 15 Tahun 2008 tentang SOT Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Lembaga Teknis Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja, Dan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Kudus.

Tim Penyusun RENSTRA Kantor Perpusarda Kudus. RENSTRA Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab. Kudus, Th. 2013-2018.

UU Nomor : 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Visensia Retno. Pengertian Otomasi Perpustakaan dan Komponen Otomasi Perpustakaan. http://vinsensiaretno.blogspot.com.2009 Diakses pada tanggal 26 April 2015.

Wahyudi Kumorotomo, Subando Agus Margono. Sistem Informasi Manajemen : Dalam Organisasi-Organisasi Publik. 2004. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v3i2.1598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.