Pengembangan Wiki Kampus Sebagai Media Pengetahuan Komunitas di Perpustakaan Perguruan Tinggi

Abdurrakhman Prasetyadi, Danang Dwijo Kangko, D.W. Ari Nugroho

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk: (1) membuat kategori pengetahuan komunitas di perpusatakaan PT, (2) merancang prototipe ensiklopedia daring pengetahuan komunitas di perpustakaan PT, dan (3) melakukan ujicoba prototipe ensiklopedia daring pengetahuan komunitas. Metode yang digunakan yaitu analisis konten web komunitas di IPB dan pengembangan prototipe Wiki Kampus menggunakan perangkat lunak MediaWiki. Hasil dari kajian ini yaitu kategori pengetahuan yang dibuat terdiri dari pengetahuan utama yakni seputar himpunan mahasiswa, unit kegiatan mahasiswa, komunitas lain, istilah-istilah kampus dan lingkungan sekitar kampus. Hasil perancangan prototipe Wiki Kampus terdiri dari pembuatan data flow diagram, perencanaan infrastruktur sistem dan penginstalasian perangkat lunak MediaWiki. Penginstalasian MediaWiki melalui beberapa tahapan di antaranya: (1) mengunduh dan mengekstraksi file master MediaWiki pada server web, (2) melakukan set-up file master MediaWiki, (3) menentukan format page categorizing dan mengkustomisasi tampilan pengguna, serta (4) menyiapkan user account untuk mahasiswa. Ketiga, ujicoba Wiki Kampus dilakukan oleh beberapa mahasiswa program Magister Teknologi Informasi untuk Perpustakaan (MTP) IPB berjalan lancar dan berfungsi dengan baik.


Keywords


WiKi Kampus; Ensiklopedia Daring; Perpustakaan PT; Komunitas Mahasiswa; MediaWiki

Full Text:

PDF

References


Cassandra, C., J. Tambotoh, dan F.S. Papilaya. "Pemanfaatan MediaWiki Sebagai Knowledge Management Tools untuk Mendukung Implementasi E-Learning", Jurnal Manajemen Teknologi, 14 (3).

Margawi, R. Pengembangan Aplikasi WiKi Wisatapedia Jogja Menggunakan Rich Internet Application. Yoogyakarta: Universitas Atma Jaya, 2009.

MediaWiki. Retrieved from MediaWiki. Diakses dari http://www.mediawiki.org, pada tanggal 14 Desember 2016.

Nugroho, D.A. dan A. Prasetyadi. "Multimedia Science Library", Makalah. Bogor: IPB, 2016.

Sanjaya, Ridwan. "Web 2.0 Gelombang Baru di Dunia". Diakses dari http://ridwansanjaya.blogspot.com/2006/07/web-20-gelombang-baru-di-dunia.html/, pada tanggal 14 Januari 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v5i1.2248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.