Efektifitas Media Sosial Terhadap Perpustakaan Sebagai Penyebaran Informasi Serta Intensitas Komunikasi Pada Pemustaka (Studi Di Perpustakaan STAIN Kudus)

Yuyun Widayanti, Santoso Santoso

Abstract


Penerapan teknologi informasi di perpustakaan sebagai perangkat kerja yang memberikan pelayanan, penyebaran informasi dan komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di Perguruan Tinggi seharusnya lebih terbuka dan memberikan respon lebih cepat melalui media social,  alasannya sederhana dengan teknologi informasi maka akan lebih mudah pemberian layanan penyebaran informasi dan komunikasi pada pemustaka. Tetapi memerlukan ketrampilan dan keahlian khusus terhadap pustakawan, seperti kemampuan mengolah, menyeleksi, mengupload informasi sesuai dengan karakteristik media sosial dalam berinteraktif dengan pemustaka.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas media sosial terhadap perpustakaan sebagai penyebaran informasi serta intensitas komunikasi pada pemustaka saat ini sudah menjadi ukuran untuk mengetahui tingkat kemajuan perpustakaan, sekarang tidak lagi pada gemerlapnya gedung yang dipakai, banyaknya antrian pemustaka, banyaknya loker ataupun rak buku, tetapi semakin cangih dan otomatis maka semakin maju perpustakaan tersebut. Di era globalisasi ini kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat hingga ekstremnya tak terkendali dan arusnya tanpa batas menunjukkan pengaruh yang luar biasa dalam dunia pendidikan, terutama perkembangan di dunia perpustakaan sehingga merubah hampir sebagian besar tugas-tugas dan layanan di perpustakaan mulai dari penyeleksian, pengadaan, pengorganisasian, penyimpanan, pemeliharaan sampai kepada pelayanan penyebaran informasi, pengumpulan informasi, pelestarian informasi, pengelolaan informasi dan pemanfaatan informasi dalam memenuhi kebutuhan pemustaka untuk mencari informasi agar lebih mudah, cepat dan tepat mendapatkannya.

 


 


Keywords


Media Sosial; Perpustakaan; Informasi dan Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Buku

Andi Prastowo, Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional, DIVA Pres, Jogjakarta, 2013.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005.

Depdikbud RI., Perpustakaan Perguruan Tinggi, Direktorat Jendral PT., Jakarta, 1994.

Ibrahim Bafadal, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Bumi aksara, Jakarta, 1999.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Rosda Karya, Bandung, 2006.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Rake Sarasin, Yogyakarta, 2001.

Sanapiah Faisal, Penelitian Kualitatif, dasar dan aplikasi, YA3, Malang, 1990.

Sarjono Soekanto, Pengantar Penelitian Hukum, Universitas Indonesia, Jakarta, 1982.

Syaifuddin Azwar, Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2001.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung, 2005.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung, 2005.

Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian, RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2015

Sri Rohyanti Zulaikha, dkk., Antologi Ilmu Perpustakaan dan informasi, Pasca Sarjan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2015.

Wahyu Supriyanto – Ahmad Muhsin, Teknologi Informasi perpustakaan (Strategi Perencanaan Perpustakaan Digital), Kanisius, Yogyakarta, 2008.

Wiji Suwarno, Ilmu Perpustakaan & Kode Etik Perpustakaan, Ar-Ruzz Media, Jogjakarta, 2016.

Wiji Suwarno, Pengetahuan Dasar Perpustakaan Sisi Penting Perpustakaan dan Pustakawan,Ghalia Indonesia, Bogor, 2015.

Wirawan, Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi (Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Teks), Rajawali Pres, Jakarta, 2012.

Makalah

Imas Maesaroh, Makalah disampaikan dalam Workshop Kepustakaan “Manajemen Perpustakaan Berbasis IT”, di Gedung Rektorat Latai 3 STAIN Kudus pada tanggal 23 September 2015.

Jurnal

Fatmi Sarah, Iqra’ (Jurnal Perpustakaan dan Informasi), Perpustakaan UIN Sumatra Utara Vol.09/No.02/2015.

Irzum Farihah, Jurnal Libraria STAIN Kudus, Volume 2 Nomor 1 Januari – Juni 2014.

Wiji Suwarno, Jurnal Libraria STAIN Kudus, Volume 2 Nomor 1 Januari – Juni 2014.

Internet

http://www.academia.edu/27643549/Optimalisasi_Penggunaan_Media_Sosial_untuk_Perpustakaan. diakses pada tanggal 16 Mei 2017. Pukul 12.56 WIB.

http://ismahkhoirunnisa.blogspot.co.id/2015/12/peran-media-sosial-untuk-perpustakaan.html. Di akses pada tanggal 9 Mei 2017. Pukul 15.00 WIB.

Undang-Undang

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v5i1.2368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.