MEWUJUDKAN KEPUASAN PEMUSTAKA MELALUI MANAJEMEN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL

Taufikin Taufikin

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam tulisan ini adalah terwujudnya kepuasan pemustaka, khususnya memanfaatkan kemajuan teknologi internet, yaitu media sosial. Munculnya Media sosial harus disikapi dengan baik oleh semua pihak, agar tidak hanya menjadi hiburan belaka tetapi dapat menjadi sumber informasi maupun ilmu. Perpustakaan sebagai sumber informasi dapat memanfaatkan hadirnya media sosial untuk memudahkan pemustaka, sehingga kepuasan pemustaka dapat tercapai secara optimal. Media sosial dapat menghilangkan keterbatasan yang dimiliki oleh sebuah perpustakaan, karena perpustakaandapat lebih mendunia karena dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Tentunya dengan manajemen pemanfaatan media sosial yang optimal dengan menjalankan fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pengawasan dan evaluasi

Keywords


Kepuasan Pemustaka, Manajemen, Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2005)

Boyd, D.M., & Ellison, N.B. (2007). Social network sites: Definition, history, and scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication, 13(1), 210-230.

Darmono, Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan sekolah, (Jakarta: PT Grasindo, 2004).

Fatah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006).

Gaspers, Vincent, Total Quality Management, (Jakarta: Gramedia, 2008).

Handoko, T. Hani, Manajemen, (Yogyakarta: BPFE, 2003).

Hasibuan, Malayu, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).

Hidayat, Ara dan Imam Machali, Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah, (Bandung: Pustaka Educa, 2010).

Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein [2010] "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons 53(1): 59–68

Lasa HS, Manajemen Perpustakaan Sekolah, (Yogyakarta: Pinus Book Publisher, 2007).

Lasa HS, Manajemen Perpustakaan, (Yogyakarta: GAMA MEDIA, 2008)

Nasution, M. Nur, Manajemen Jasa terpadu (Total Service Management), (Bogor: Ghalia Indonesia, 2004)

Powell, Juliette (2009) 33 million People in the Room: how to create, influence, and run a successful Business with Social networking. Pearson Education, Inc. http://33millionpeople.com/wpcontent/

Purnomowati, S.. Mengukur kinerja perpustakaan. BACA 25 2000 (3&4).

Sulistia dkk, Manajemen Perpustakaan Sekolah, (Universitas Terbuka, Depdikbud, 1995).

Tjiptono, Fandi, Prinsip-Prinsip Total Quality Service, (Yogyakarta: CV Andi Offset, 2005).

Usman, Husaini. Manajemen: teori, Praktik dan Riset Pendidikan, Ed. 4, Cet. 2, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014).




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v5i1.2377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.