Evaluasi Penggunaan OPAC Sebagai Sarana Temu Kembali Informasi di Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang

Nurmalina Nurmalina

Abstract


Tulisan ini adalah hasil penelitian yang dilakukan di UPT. Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang yang diberi judul “Evaluasi penggunaan OPAC sebagai sarana temu kembali informasi di UPT.Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang”. Penggunaan OPAC di UPT. Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang  sudah di mulai sejak 2015. Namun sejauh ini belum diketahui apakah sudah digunakan secara maksimal dan sudah memenuhi kebutuhan pengguna atau belum. Untuk itu peneliti merasa perlu untuk melakukan evaluasi penggunaan OPAC sebagai sarana temu kembali informasi di perpustakaan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan evaluasi sumatif. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk menentukan sejauh mana sesuatu program mempunyai nilai kemanfaatan. Data didapat dengan cara observasi dan menyebarkan angket ke para pengunjung perpustakaan.

Hasil yang didapat adalah penggunaan OPAC di perpustakaan cukup tinggi dan responden merasa terbantu dalam menemukan koleksi dengan cepat sehingga dapat mempersingkat waktu pencarian.


Keywords


Katalog Online; Temu Kembali Informasi; OPAC

Full Text:

PDF

References


Abdul Jalil. Studi Empiris tentang Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Akhir atas Aplikasi Sistem Akuntansi Instansi dan Sistem Akuntansi Aset Tetap pada Jajaran Kanwil Depatemen Agama Propinsi Jawa Tengah. Semarang : Program studi Magister Sains Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, 2008.

Baker, David. Resource Management in Academic Libraries. London: Library Association Publishing. 1997.

Eka Kusmayadi dan Etty Andriaty. “Kajian Online Public Access Catalogue (OPAC) dalam pelayanan perpustakaan dan penyebaran teknologi pertanian”. Jurnal Perpustakaan Pertanian. Vol. 15, No.2, 2006.

Hendro wicaksono, Senayan Library Management System (SLiMS).diakses pada tanggal 23 februari 2017, waktu 14:21 wib. Melalui,http://perpustakaan.kemdikbud.go.id/perpus/?page_id=224

Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan. Jakarta : Pepustakaan Nasional RI, 2010.

Itmamudin. Analisis kepuasan pengguna OPAC dan dampaknya terhadap loyalitas di perpustakaan STAIN Salatiga. Libraria. Vol. 2, No. 2 (Juni, 2014)

Kotler, Philip and Gary Armstrong. Principles of Marketing. Englewood liffs, N.J : PrenticeHall International, 2000.

Siregar, A. Ridwan. Perpustakaan: Energy Pembangunan Bangsa. Medan : USUPress, 2004.

Suharsimi Arikunto. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v5i2.2398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.