Literasi Informasi Mahasiswa STAIN Kudus dalam Memanfaatkan Digital Library

Siti Malaiha Dewi

Abstract


Perkembangan teknologi yang begitu pesat direspon oleh dunia pendidikan khususnya perpustakaan dengan bermetamorfofis bentuk pelayanannya dari manual ke digital. Salah satunya yaitu tersedianya digital library dengan aplikasi EPrints. Di STAIN Kudus, Setelah berjalan lebih dari setahun aplikasi tersebut dihadirkan, ternyata hanya sebagian saja mahasiswa memiliki cukup literasi informasi dalam penggunaan EPrints sebagai sumber referensi penyelesaian tugas kuliah mereka, sementara sebagian besar lainya masih belum memiliki literasi informasi. Mereka yang sudah literat memiliki kemampuan tool literacy, resource literacy dan research literacy. Sementara kemampuan publishing literacy belum mereka miliki. Factor dominan yang menjadi penyebab belum literatnya mahasiswa STAIN Kudus adalah ketidakbiasaan mereka dalam mengggunakan media digital. Mereka masih terbiasa menggunakan referensi maupun pelayanan perpustakaan yang sifatnya manual. Ketidakbiasaan tersebut disebabkan kurang masifnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak perpustakaan maupun dosen dalam menciptakan mahasiswa sebagai masyarakat literasi yang mandiri dalam belajar dan mencari informasi.

 


Keywords


Literasi Informasi, Mahasiswa STAIN Kudus, Digital Library

References


Arif, Ikhwan. “Konsep dan Perencanaan dalam Automasi Perpustakaan.” In Membangun Jaringan Perpustakaan Digital dan Otomasi Perpustaaan menuju Masyarakat Berbasis Pengetahuan, 1–8, 2003.

Naibaho, Kalarensi. “Menciptakan Generasi Literat Melalui Perpustakaan.” Perpusnas RI, 2007, 1–15.

Nurohman, Aris. “Signifikansi Literasi Informasi (Information Literacy) dalam Dunia Pendidikan di Era Global.” Jurnal Kependidikan II, no. 1 (2014): 1–25.

Pattah, Sitti Husaebah. “Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al- Hikmah 2, no. 2 (2014): 117–28.

Pendit, Putu Laxman. “Perpustakaan Digital: Kesinambungan dan Dinamika.” Jurnal Pustakawan Indonesia 10, no. 1 (n.d.).

———. “Perpustakaan Digital Perguruan Tinggi : Tantangan Peningkatan Kualitas Jasa.” Cita Karyakarsa Mandiri 7 (2009).

Rodliyah, Ummi. “Literasi Informasi dan Peran Perpustakaan dalam Meningkatkan SDM.” Pustakaloka 4, no. 1 (2012): 48–60.

Salmubi. “Lanskap Baru Perpustakaan dan Pustakawan pada Era Digital.” Jupiter XV, no. 1 (2016): 1–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v5i1.2486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.