Membangun Peradaban Melalui Optimalisasi Peran Perpustakaan dalam Pembentukan Mahasiswa Berintegritas

Salmah Faatin

Abstract


Perpustakaan, sebagai jantungnya perguruan tinggi, seyogyanya mempunyai andil dalam membangun peradaban kampus, terutama dalam membentuk integritas mahasiswa.  Artikel ini membahas tentang membangun peradaban melalui optimalisasi perpustakaan dalam membentuk mahasiswa berintegritas. Penulis menggunakan metode deskriptif analitis, yakni mendeskripsikan fungsi dan peran perpustakaan perguruan tinggi dalam membentuk peradaban secara umum, selanjutnya menganalisisnya untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan peran perpustakaan dalam membentuk mahasiswa berintegritas. Akhirnya, disimpulkan bahwa perpustakaan memiliki peran penting bagi peradaban kampus dan membentuk mahasiswa berintegritas, yakni dengan mengoptimalkan perannya dan berupaya meningkatkan minat dan budaya baca di perguruan tinggi.

Keywords


perpustakaan, peradaban kampus, integritas mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Basuki, Sulistyo, Pengantar Ilmu Perpustakaan, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1993

Benawi, Imran, “Menjadikan Perpustakaan Sebagai Sumber Inspirasi dalam Membangun Peradaban”, Jurnal Iqra’ volume 07 no.02 oktober, 2013

Buchori, Sahril, Muhammad Ibrahim, Abdul Saman, “Pengaruh Character Education Training Melalui Outbound Training Untuk Peningkatan Kejujuran Dan Integritas”, Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, Volume 2 Nomor 1 Juni 2016.

Hardjoprakoso, Mastini, “Buku dan Perpustakaan” dalam Buku: Pembangun Kualitas Bangsa, Bunga Rampai sekitar Perbukuan di Indonesia, Kanisius, Yogyakarta, 2001.

Naibaho, Kalarensi, “Menciptakan Generasi Literat Melalui Perpustakaan”, makalah, 2007.

Pratomo, Hadi “Integritas Akademik: Pemikiran untuk Membangun Nilai Civitas Akademika Perguruan Tinggi”, dalam www.fkm.ui.ac.id/, Akses 29 Agustus 2017.

Rohmanu, Abid, “Tata Kelola Mahasiswa Terhadap Integritas Akademik dan Plagiarisme”, Muslim Heritage, vol. 1, no. 2,november 2016– april 2017

Rahayuningsih, F. , Pengelolaan Perpustakaan. (Yogyakarta: Kanisius, 2007)

Saleh, Abdul Rahman, “Fungsi Perpustakaan Kampusdalam Pembinaan Budaya Baca-Tulis”, Makalah disampaikan pada Seminar Pembinaan Budaya Baca-Tulis di Kampus, di UPT Perpustakaan Universitas Islam Bandung, tanggal 16 Juni 2001.

Septiyantono, Tri, Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. (Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 2007)




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v5i2.2594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.