Perpustakaan dan Mutu Pendidikan: Peran dan Tantangan Perpustakaan dalam Menanamkan Pendidikan Karakter

Mualimul Huda

Abstract


Krisis yang merambah Indonesia kini adalah krisis multidimensional, mulai dari krisis moral, etika dan toleransi. Kemunduran nilai-nilai moral anak didik saat ini telah menjadi peringatan bagi semua pihak, terutama lembaga pendidikan dan orang tua. Banyak kasus yang menimpa generasi muda, mulai dari kasus tawuran, narkotika, pergaulan bebas dan perbuatan menyimpang lainnya. Perpustakaan memiliki peran sebagai pelestarian ilmu pengetahuan, informasi, pendidikan, penelitian, rekreasi, dan kultural. Perpustakaan yang ideal pada dasarnya adalah sebuah perpustakaan yang mampu memberdayakan masyarakat, melakukan revolusi minat baca dan mampu mengubah karakter masyarakat dari masyarakat tuna informasi menjadi masyarakat yang berliterasi. Hal ini mejadi dasar pemikiran untuk mengoptimalkan peran perpustakaan dalam pendidikan karakter bagi generasi muda. Perpustakaan berperan mengajarkan beberapa karakter, yaitu cinta ilmu pengetahuan, gemar membaca, perilaku disiplin, berbagi dengan orang lain, serta mengajarkan tanggung jawab. Kajian ini termasuk kajian library research dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis empiris, metode pengumpulan data dengan observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasilnya bahwa Perpustakaan dapat menjadi unsur penting dalam menanamkan pendidikan karakter. Diantara caranya adalah keteladanan layanan dari pustakawan, pengadaan buku dan koleksi yang lebih lengkap dan menarik, kemudahan akses, kedisiplinan manajemen sirkulasi, serta layanan mandiri virtual libarary yang terintegrasi dengan akses buku elektronik maupun e-jurnal.

Keywords


Perpustakaan; Pendidikan; Karakter; Pustakawan

Full Text:

PDF

References


"Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan." (2007).

Abid, Nuskhan. "Peluang dan Tantangan Pelayanan Perpustakaan Berbasis Media Sosial: Perspektif Pustakawan Stain Kudus." LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 5, no. 1 (2017).

Bafadal, Ibrahim, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, (Jakarta, Bumi Aksara, 2008).

Basuki Sulistyo. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. (1991).

Farida, Siti. "Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam." KABILAH: Journal of Social Community 1, no. 1 (2016).

Ghufron, Anik. "Integrasi nilai-nilai karakter bangsa pada kegiatan pembelajaran." Jurnal Cakrawala Pendidikan 1, no. 3 (2010).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2016, tersedia versi Daring dalam https://kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses 16 Juli 2017.

Lasa Hs. (2009). Manajemen Perpustakaan Sekolah. (Yogyakarta: Pinus).

Mubasyaroh, Mubasyaroh. "Pengaruh Perpustakaan Bagi Peningkatan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi." LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 4, no. 1 (2016).

Mulyatiningsih, Endang. "Analisis Model-model Pendidikan Karakter untuk Usia Anak-anak, Remaja dan Dewasa." Yogyakarta: UNY, dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/penelitian/Dra-Endang-Mulyatiningsih,-M.Pd./13B_Analisis-Model-Pendidikan-karakter. pdf, diakses pada 20 juli 2017.

Mursyid, Moh. Be a Writer libraria; Strategi Jitu Menjadi Penulis Kreatif bagi Pustakawan, Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata, 2015.

Muryati dan Irwan Sulistyono, Peluang dan tantangan perpustakaan dalam mengahadapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam Jurnal Pustakaloka, STAIN Ponorogo, Vol.6 No. 1, 2014.

Muttaqien, Arip. "Membangun Perpustakaan Berbasis Konsep Knowledge Management: Transformasi Menuju Research College dan Perguruan Tinggi Berkualitas Internasional." Tersedia dalam: http://www. lib. ui. edu/files/Arip_Muttaqien. pdf [diakses 20 Juli 2017.

Raharjo, Sabar Budi. "Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 16, no. 3 (2010)

Rifai, Agus. Perpustakaan Dan Multikulturalisme, Implementasi Pendidikan Multikulturalisme Diperpustakaan, dalam jurnal al-Maktabah, UIN syahid JakartaVol. 9 No. 1 juni 2017.

Rismayeti, Rismayeti. "Perpustakaan Perguruan Tinggi: Pedoman, Pengelolaan dan Standarisasi." Jurnal Ilmu Budaya 9, no. 2 (2013).

Supriyanto, Wahyu. Teknologi informasi perpustakaan. Yogyakarta: Kanisius, 2008.

Sutarno NS, Perpustakaan dan Masyarakat yang dikutip oleh Touku Umar dalam Jurnal Khizanah Al- Hikmah Vol. 1 No. 2 Juli-Desember 2013.

Sutarno, NS. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional." (2003).

Walid, Muhammad. "Model Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi Agama Islam (Studi tentang Pendidikan Karakter Berbasis Ulul albab di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)." El-QUDWAH (2012).

“Pendidikan Karakter Berbasis Perpustakaan” dalam https://www.ketikketik.com/pendidikan-3/pendidikan/2014/08/02/pendidikan-karakter-berbasis-perpustakaan.html Diakses dari http://www. journal.unair.ac.id pada tanggal 15 Mei 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v5i2.2674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.