Urgensi Eksistensi Perpustakaan Sebagai Upaya Pengurangan Perilaku Menyimpang Siswa di Sekolah

Sigit Tri Utomo, Ahmad Sa'i

Abstract


Perpustakaan merupakan tempat membaca untuk merubah mindset manusia. Karena dengan membaca seseorang dapat terbuka luas wawasan jendela dunia. Dengan membaca pula seseorang dapat empunyai cara pandang hidup dan mengatasi kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakanpendekatan pustaka (library research), yaitu suatu pendekatan yangmengkaji serta mengggunakan literatur sebagai bahan acuan danrujukan dalam mengelola data.[1] Penelitian kualitatif ini sebagai prosedur penilaian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari seseorang yang dapat diamati.[2] Dalam hal ini objeknya adalah urgensi perpustakaan sebagai upaya pengurangan perilaku penyimpangan siswa di sekolah.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka. Dalam tahapan ini, peneliti berusaha menyeleksi data-data (buku) yang ada relevansinya dengan urgensi perpustakaan sebagai upaya pengurangan perilaku penyimpangan remaja di sekolah. Dengan analisis data hermeneutika sebagai proses mengubah sesuatu dari situasi ketidaktahuan menjadi mengerti, secara harfiah dapat diartikan sebagai penafsiran atau interpretasi. Langkah metode ini dimaksud untuk menangkap arti, nilai dan maksud urgensi perpustakaan sebagai upaya pengurangan perilaku penyimpangan siswa di sekolah. Kemudian penulis juga mengunakan analisis sintesis yaitu dengan  penanganan terhadap objek ilmiah tertentu dengan jalan menggabungkan pengertian yang satu dengan pengertian lain, yang pada akhirnya dapat diperoleh pengetahuan yang sifatnya baru yaitu urgensi perpustakaan sebagai upaya pengurangan perilaku penyimpangan siswa di sekolah. Penulis juga menggunakan content analysis yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang didokumentasikan dalam rekaman, baik gambar, suara, tulisan dan lain-lain. Dengan metode ini akan dilakukan analisis data dan pengolahan secara ilmiah tentang isi tulisan urgensi perpustakaan sebagai upaya pengurangan perilaku penyimpangan siswa di sekolah

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sangat berperan penuh dalam mendukung proses pembelajaran sehingga potensi para peserta didik dapat dikembangkan baik potensi berupa kognitif, afektif maupun psikomotorik. Karena beberapa kenakalan siswa saat ini sangatlah  banyak seperti kenalakan dalam kategori biasa, kenakalan menjurus dan kenakalan khusus. Beberapa solusi yang dapat dilakukan seperti upaya pereventif, upaya kuratif maupun pembinaan terhadap penyimpangan siswa. juga dapat dilakukan dengan optimalisasi perpustakaan melalui upaya siswa untuk minat dalam membaca.
 

Keywords


Urgensi Perpustakaan; Perilaku Menyimpang di Sekolah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1993. Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi danKejuruan,

Azhar Arsyad, 2003. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafoindo Persada.

Darmono, 2001. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah, (Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia,.

Elida, Prayitno. 2006. Psikologi Perkembangan Remaja. Padang: Universitas Negeri Padang.

Ibrahim Bafadal, 2001. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Khoni, Nor. 2010. Pengaruh Minat Kebiasaan Membaca Terhadap Menulis Huruf, Semarang: IKIP Press.

Sudarto, 1997. Metodologi Penelitian Filsafat, Jakarta: Grafindo Persada.

Syihabuddin Qalyubi, dkk, Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2003. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,CV. Aneka Ilmu

Donald, dkk. 2004.Dampak negatif kecanduan pornografi. Diunduh di(http://aliefqu.wordpress.com/2012/01/16inilahdampaknegatif kecanduanpografi) Diakses tanggal 30/06/2017




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v5i2.2736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.