Hubungan Kredibilitas Pustakawan Dengan Loyalitas Pemustaka Pada Perpustakaan UNISBA

Dwininda Kusumawardhani, Tine Silvana Rachmawati, Prijana Prijana

Abstract


Penelitian ini mendiskusikan tentang hubungan kredibilitas pustakawan dengan loyalitas pemustaka pada perpustakaan UNISBA. Penelitian ini menggunakan teori kredibilitas sumber dari Hovland, Janis, dan Kelly (1993). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana hubungan yang terjadi antara aspek kredibilitas pustakawan yaitu keahlian, keterpercayaan, dan daya tarik dengan loyalitas pemustaka. Sampel dari penelitian ini adalah anggota perpustakan dengan pengambilan sampling menggunakan teknik sampling kuota. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan teknik analasis statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji pearson product moment. Teknik pengumpulan datanya berupa kuesioner, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kredibilitas pustakawan dengan loyalitas pemustaka. Hal ini menunjukan bahwa dengan kredibilitas yang dimiliki oleh pustakawan akan mendorong loyalitas pemustaka untuk datang kembali ke perpustakaan karena merasa dilayani dengan baik oleh pustakawan. Untuk meningkatkan pelayanan prima yang akan mendorong loyalitas pemustaka lebih tinggi lagi disarankan menambah keahlian pustakawan dengan cara mengikuti pelatihan pada bidang perpustakaan, bahasa maupun teknologi.

Keywords


Kredibilitas; Pustakawan; Loyalitas Pemustaka

Full Text:

PDF

References


Abels, Eileen. Competencies for Information Professionals of the 21st Century: Prepared for the Special Libraries Association Board of Directors by the Special Committee on Competencies for Special Librarians. USA: Special Library Association, 2003.

Basuki, Sulistyo. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Utama, 1991.

“Hubungan Antara Komunikasi Penyuluhan Oleh Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Terhadap Tingkat Adopsi KB Masyrakat Di Desa Nagasari 1.” Sumatra Utara, 2011. http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/26307/Chapter I.pdf;jsessionid=F62F30AAAA4D1662882456EB3201D3C7?sequence=4.

Karim, Abdul. “Urgensi Kompetensi Komunikasi Pustakawan Dalam Memberikan Layanan Kepada Pemustaka.” Iqra 5, no. 1 (2011): 50.

Mardikawati, Woro, and Naili Farida. “Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Bus Efisiensi.” Jurnal Administrasi Bisnis 2, no. 1 (2013): 64–75.

Mayasari, Citra. “Pengaruh Keramahan, Citra Karyawan, Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Kedekatan Karyawan Dan Loyalitas Nasabah Produk Tabungan Bank Syariah Di Surabaya” 3, no. 1 (2012): 15.

Nashihuddin, Wahid. “Perkembangan Pendidikan Ilmu Perpustakaan Indonesia : Dari Masa Ke Masa.” Jurnal Pustakawan Indonesia 13, no. 1 (2014): 41–52. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/view/8771.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. “Kompetensi Pustakawan Menuju Perguruan Tinggi Bertaraf Internasional.” Media Pustakawan, 2010.

———. “Pengembangan Kepribadian Pustakawan.” Media Pustakawan 17, no. 3 (2010).

Prijana, Yunus Winoto, and Andri Yanto. Metode Penelitian Kuantitatif Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. Bandung: Unpad Press, 2016.

Rakhmat, Jalaludin. Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosdakarya, 2005.

Ropinov. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan,” 2010.

Subrata, Gatot. “Upaya Pengembangan Kinerja Pustakawan Perguruan Tinggi Di Era Globalisasi Informasi,” 2002, 1–14.

Tan, Alexsis S. Teori Manajemen Komunikasi. Jurnal Press, 1981.

Venus, Antar. Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis Dan Praktis. Bandung: Simbiosa, 2004.

Winoto, Yunus. “The Application of Source Credibility Theory in Studies about Library Services.” Edulib 5, no. 2 (2015): 3–5.

Yeni. “Kompetensi Pustakawan Perpustakaan Khusus,” 2011. https://theyounglibrarian.wordpress.com/2011/04/16/kompetensi-pustakawan-perpustakaan-khusus/




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v6i1.2867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.