Library Tour Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di MAN 1 Kota Bandung Library Tour as Implementation Measure of School Literacy in MAN 1 Bandung

Noorika Retno Widuri, Anah Rohana

Abstract


This paper describe implementation of Library Tour in MAN 1 Bandung. Th objective of the paper is observing benefits of Library Tour,  inviting impresion of librarian students to the Library Tour, identifying information absorbed by students as well as observing type of literacy components that can be UNDERSTOOD during the Tour. The study uses Qualititif description methode. Data collection wwas obtained by interview with selected Librarians and Sudents. This study shows that this activity could improve insight of Librarians and Sudents to library; improve creativity and reading interest. Their impresion is about comfortability staying in Library as it is a cozy place and hospitality of librarian could make study stay much longer in Library. The information they get during the activity are the participants can identify type of libraries, understanding bisnis process in library, making review of film that they a have been seen, as well as performing bencmarking of library. In ths activity, students obtain information and guide from librarian on searching methodes dan obtaining information from internet. In general, this  Library Tour activity could implement basic literacy, literacy to library and literacy to technology.  

 

Tulisan ini mendeskripsikan implementasi kegiatan Library Tour di MAN 1 Kota Bandung. Tujuan penulisan untuk mengetahui manfaat Library Tour, mengetahui kesan pustakawan pelajar terhadap kegiatan Library Tour, mengetahui informasi-informasi yang diperoleh siswa selama berlangsungnya kegiatan serta mengetahui jenis-jenis komponen literasi yang diperoleh selama kegiatan. Metode kajian ini kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dengan informan Pustakawan Pelajar.  Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa manfaat kegiatan ini adalah menambah wawasan pustakawan pelajar akan dunia perpustakaan; menumbuhkan kreativitas dan minat membaca. Kesan yang mereka peroleh adalah kenyamanan berdiam di perpustakaan karena tempatnya yang cozy serta keramahan pustakawan yang membuat mereka betah berlama-lama di perpustakaan. Informasi yang mereka dapatkan selama kegiatan ini adalah peserta mengenal jenis perpustakaan, mengerti bisnis proses di perpustakaan , membuat review film yang mereka tonton, sekaligus melakukan Benchmarking Perpustakaan. Pada kegiatan ini, peserta didik mendapatkan informasi dan bimbingan dari pustakawan mengenai cara menelusur dan mencari sumber-sumber informasi di internet. Secara keseluruhan, kegiatan Library Tour ini memenuhi aspek literasi dasar, literasi perpustakaan, dan literasi teknologi.


Keywords


Library Tour; Librarian Students; School Literacy

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Atas. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2016

Kemenag RI. Petunjuk Teknis Pembangunan Perpustakaan Madrasah Tahun Anggaran 2015. Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah,Direktorat Jenderal Pendidikan Islam , Kementerian Agama Republik Indonesia, 2015

Latuputty, Hanna. Perpustakaan Sekolah: Perannya Dalam Menunjang Pendidikan Siswa di Sekolah. jurnal BACA vol. 27(2) : 27-34, 2017

PDSPK Kemendikbud. Statistik Persekolahan SMA 2015/2016. Jakarta : Pusat Data & Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, 2016

PDSPK Kemendikbud. Statistik Persekolahan SD 2015/2016. Jakarta : Pusat Data & Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, 2016

PDSPK Kemendikbud. Statistik Persekolahan SMP 2015/2016. Jakarta : Pusat Data & Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. 2016

Rahmat, Pupu Saeful. Penelitian Kualitatif. Equilibrium vol. 5(9) : 1-8, 2009

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Wulandari, Dian. Sinergi Perpustakaan Umum dengan Perpustakaan Sekolah: Sebuah Wacana Mewujudkan Siswa Melek Informasi. Media Pustakawan Vol. 9(2). April 2012.

Internet

Apandi, Idris. Benarkah Gerakan Literasi Sekolah Mengalami Stagnasi. 2017. https://www.kompasiana.com/idrisapandi/benarkah-gerakan-literasi-sekolah-mengalami stagnasi_58dee2db2f7a61cf0574e30e.

Dinas Pendidikan Provinsi JABAR. Kilasan Sejarah West Java Leader’s Reading Challenge. 2016 http://literasi.jabarprov.go.id/sejarah

Erianto, Dwi. Popularitas Perpustakaan Semakin Pudar Dilibas Digital. 2015 http://edukasi.kompas.com/read/2015/09/16/09111961/Popularitas.Perpustakaan.Semakin.Pudar.Dilibas.Digital?page=all)




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v6i1.3110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.