Peran Pustakawan Dalam Penanaman Pendidikan Nilai Pada Kegiatan User Education Mahasiswa Baru STAIN Kudus Tahun Akademik 2017/2018 di UPT Perpustakaan STAIN Kudus

Radiya Wira Buwana

Abstract


Bangunlah jiwanya bangunlah badanya, sebuah petikan lirik dari lagu kebangsaan Republik Indonesia Indonesia Raya ini secara langsung menspiritkan kepada institusi pendidikan untuk menitikberatkan juga pendidikan nilai pada proses belajar mengajar. Tulisan ini membahas tentang  kegiatan user education di perpustakaan STAIN Kudus sebagai sebuah kegiatan pelatihan dan pendidikan bagi pengguna perpustakaan (user/pemustaka) yang mengajarkan kepada pemustaka tentang bagaimana memanfaatkan layanan dan penelusuran di perpustakaan, juga mengajarkan pemustaka/user untuk bagaimana menjadi pemustaka yang santun, pemustaka yang berkepribadian baik,taat akan tata tertib peraturan di perpustakaan, tidak melakukan plagiasi karya ilmiah, dan saling menghormati dengan unsur pengelola perpustakaan. Pendidikan, dalam hal ini user education di perpustakaan perguruan tinggi berperan ganda sebagai bentuk transfer of knowledge dan transfer of value dari pustakawan/ pengelola perpustakan kepada pemustaka/user perpustakaan.  


Keywords


User Education; Pendidikan Nilai; Pemustaka

Full Text:

PDF

References


Hak, Ade Abdul, “Pendidikan Pemakai :Perubahan Perilaku Pada Siswa Madrasah Dalam Sistem Pembelajaran Berbasis Perpustakaan”, Al-Maktabaha, Vol.4, No. 2 (Oktober,2004)

Hermawan, Rachman dan Zulfikar Zen, Etika Kepustakawanan, Yogyakarta : CV Sagung Seto, 2010

Hidayat, Aat, “Rekonstruksi Peran Pustakawan di Era Globalisasi”, Libraria, Vol.4, No.2 (desember 2016)

Kamus Besar Bahasa indonesia versi daring, https://www.kbbi.web.id, diakses pada 15 Mei 2018

Lubis, Mawardi, Evaluasi Pendidikan Nilai, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Mulyana, Rohmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung : CV Alfabeta, 2004.

Pradhika, Grantino One, “Pengaruh Pendidikan Pengguna (user Education) Terhadap Pemanfaatan layanan Perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Muhamadiyah Surakarta” , Libri-Net, Vol.3, No.2 (Juni, 2014).

Rangkuti, Lailan Azizah, “Pentingnya Pendidikan Pemakai (User Education) di Perpustakaan Perguruan Tinggi” , Iqra’, Vol. 8, No.1 (Mei, 2014).

Yuniarti, Yuyun, “Pendidikan Ke Arah Pembentukan Karakter”, Tarbawiyah, Vol.11, No.2 (Desember 2014).

Zakiyah, Qiqi Yuliati dan Rusdiana, Pendidikan Nilai : Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Pustaka Setia, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v6i1.3368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.