Usaha Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa Melalui Pelayanan Prima di Perpustakaan Perguruan Tinggi

Retno Susilowati

Abstract


Pelayanan prima di perpustakaan merupakan hal yang sangat urgen dilakukan, karena keberhasilan perpustakaan sangat bergantung pada pemustakanya. Daya tarik perpustakaan tergantung pada pelayanan prima yang dilakukan oleh pihak perpustakaan. Pelayanan ini bisa berupa bentuk fisik yang disediakan dan pelayanan petugas perpustakaan.

Secara fisik perpustakaan menyediakan teknologi serba canggih, yaitu berkembangnya internet, penggunaan handphone smart, program komputer maka perkembangan informasi begitu cepat didapat. Oleh karena itu peran perpustakaan tidak hanya menyediakan koleksi digital dan non digital, tetapi juga harus menyediakan perpustakaan online, perpustakaan elektronik sehingga terjadi pergeseran dari fungsi dari perpustakaan pengolah koleksi menjadi pengolah data, selanjutnya pengolah informasi dan pada akhirnya pengolah pengetahuan.

Apabila perpustakaan bisa melaksanakan pelayanan prima, maka tidak akan diragukan lagi bahwa antusiasme mahasiswa untuk membaca semakin tinggi, sehingga dapat mendukung dalam proses perkuliahan. Informasi yang akan didapat mahasiswa semakin cepat, sehingga tugas-tugas mata kuliah juga akan semakin cepat pula untuk diselesaikan.


Keywords


Pelayanan Prima; Perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Anderson.Language Skills In Elementary Education.New York: Macmillan Publishing Co., Inc, 1972.

Finochiaro and Bonomo.The Foreign Language Learner:A Guide for Teacher.New York:Regents Publishing Company,Inc.1973.

Heri, P. (1998). Pengantar Perilaku Manusia. Jakarta : EGC.

Hodgson,FM.Learning Modern languages.London Routledge & Hegan paul.

Ibrahim Bafadal,. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah.Jakarta: Bumi Aksara,2009.

Lado.Language Teaching, A Scientific Approach, Bombay-New Delhi:Tata Mc-Graw-Hill Publishing Co.Ltd, 1976.

Lasa, HS.Manajemen Perpustakaan.Yogyakarta: Pinus, 2008.

Prastowo, Andi.Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional.Jogjakarta:Diva Press,2012

Rahmayanty Nina, Manajemen Pelayanan Prima.Yogyakarta:Graha Ilmu,2013

Sardiman A.M., Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press,1988.

Suryabrata Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.

Suwarno Wiji, Pengetahuan Dasar Kepustakaan.Bogor:Ghalia Indonesia, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v6i1.3804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.