Teori Abraham Maslow dalam Pengambilan Kebijakan di Perpustakaan

Asnah Yuliana

Abstract


Abstrak

Abraham Harold Maslow merupakan salah seorang tokoh psikologi yang lahir di Brookolyn New York pada tahun 1908. Abraham Maslow mengembangkan model Hierarki kebutuhan (1950) dan sampai saat ini tetap digunakan dalam memahami motivasi manusia. Hierarki kebutuhan dari Maslow terdiri dari Physical Needs, Safety Needs, Social Needs, Esteem Needs, dan Self Actualization. Teori ini nantinya menjadi pijakan pengembangan mutu di perpustakaan. Mengapa mengembangkan perpustakaan? Karena perpustakaan memiliki peranan strategis dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa, baik di negara maju maupun negara berkembang. Begitu banyaknya perpustakaan yang ada di Indonesia saat ini, namun belum diimbangi secara kualitas dan fasilitas yang baik, karena arah pengembangannya bukan pada analisis kebutuhan pembaca. Banyak kendala yang dirasakan oleh pembaca, sehingga membuat kondisi minat baca bangsa Indonesia yang cukup memprihatinkan. Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Bandingkan dengan kondisi perpustakaan luar negeri yang mempunyai fasilitas yang unggul dan memadai. Teori dari Abraham Maslow itulah yang nantinya penulis coba uraikan, dijadikan pula sebagai pijakan teori untuk memahami alternative pengambilan kebijakan di perpustakaan. Agar perpustakaan sesuai dengan hierarki kebutuhan pembaca.


Keywords


Abraham Maslow; Hierarki Kebutuhan; Kebijakan Perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Gewati, Mikhael. “Minat Baca Indonesia Ada Di Urutan Ke-60 Dunia - Kompas.com.” Kompas.com, 2016. http://edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/07175131/minat.baca.indonesia.ada.di.urutan.ke-60.dunia.

Jarvis, Matt. Teori-Teori Psikologi: Pendekatan Modern Untuk Memahami Perilaku, Perasaan Dan Pikiran Manusia. Bandung: Nusa Media, 2010.

Jess Feist dan Gregory terj. Handriatno. Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika, 2010.

Koswara. Teori-Teori Kepribadian. Bandung: Eresco, 1991.

Muzir, George Boeree terj. Inyiak Ridwan. Personality Theories, Melacak Kepribadian Anda Bersama Psikolog Dunia. Jogjakarta: Prismasophie, 2007.

Perpustakaan, Dunia. “Perpustakaan Di Kota Seinäjoki Finlandia Yang Memukau! Dunia Perpustakaan,” 2018. http://duniaperpustakaan.com/perpustakaan-di-kota-seinajoki-finlandia-yang-memukau/.

Rahim, Farida. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Rahmat Hidayat, Dede. Teori Dan Aplikasi: Psikologi Kepribadian Dalam Konseling. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Santoso, Slamet. Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama, 2010.

Sinaga, Dian. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kreasi Media Utama, 2007.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2004.

Ulandari, Weni. “HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN AKTUALISASI DIRI ANAK USIA SEKOLAH DI KELAS 7 SMPN 29 SEMARANG.” Universitas Muhammadiyah Semarang, 2009.

Wathoni, Nazroel. “Begini Fasilitas Standar Perpustakaan Di Kampus Jepang - Catatan Harian Seorang Dosen, Tips Blogging, Traveling, Dan Hiburan,” 2018. https://nazroel.id/2015/02/04/begini-fasilitas-standar-perpustakaan-di-kampus-jepang/.

Winardi. Manajemen Perilaku Organisasi. Bandung: Citra Aditya Bakti, 1992.

Zubaidah, Neneng. “Kondisi Perpustakaan Di Indonesia Menyedihkan.” SIndonews.com, 2013. https://nasional.sindonews.com/read/776683/15/kondisi-perpustakaan-di-indonesia-menyedihkan-1377709972.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v6i2.3845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.