Trend Pemilihan Pendidikan Ilmu Perpustakaan

Retno Sayekti, Usiono Usiono

Abstract


Abstrak

Program Studi Ilmu Perpustakaan di Indonesia merupakan salah satu bidang pendidikan yang sedang berkembang sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi informasi dewasa ini. Sekalipun bidang pendidikan ini sudah cukup tua namun penamaan dan penempatan bidang pendidikan ini pada fakultas tidak sama antara satu Perguruan Tinggi dengan yang lainnya. Profesi pustakawan yang akan dihasilkan dari lulusan bidang pendidikan ilmu perpustakaan, masih merupakan profesi yang tak banyak diminati dibandingkan profesi lainnya. Namun demikian, sejak dibukanya bidang pendidikan ini di UIN Sumatera Utara, minat calon mahasiswa untuk belajar di program studi Ilmu Perpustakaan meningkat dari tahun ke tahun. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali data tentang faktor-faktor yang mendorong mahasiswa memilih program studi Ilmu perpustakaan di Univesitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Dengan menggunakan tehnik pengumpulan data Focused Group Discussion (FGD), penelitian ini menemukan bahwa ada empat faktor yang mendorong mahasiswa memilih program studi Ilmu Perpustakaan diri sendiri, orangtua, kerabat dan teman. Dalam hal karir, sebagian besar mahasiswa ingin melanjutkan studi untuk mendapatkan peluang kerja menjadi dosen pada Ilmu Perpustakaan. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh mahasiswa meliputi keterbatasan dalam sarana dan prasarana dan keterbatasan kemampuan Bahasa asing.  Karena itu, mahasiswa berharap agar program studi melakukan update kurikulum untuk menyesuaikan dengan perkembangan baru dalam ilmu perpustakaan dengan implementasi teknologi informasi dan menyelenggarakan program-program pelatihan dalam bahasa asing dan IT.

 

Abstract

The School of Library and Information Science is one of the growing field of studies in Indonesia. The growth of this school is in line with the recent development of information technology. Although this education has long been in existence in the history, the name and the positioning under certain faculty differs from one university to another. Although study shows that the profession of librarian in Indonesia gains less interest from the society compared to other profession, the interest of student to study at LIS program at UIN Sumatera Utara has been increased since the beginning of its opening. This study aims at investigating factors that determine the students to choose Library and Information Science Department at UIN Sumatera Utara Medan. Using survey and Focused Group Discussion techniques, this study found that there are four factors encouraging students to study at LIS program, they are self- motivation, parents, other family members and friend supports. In terms of career, most students want to pursue their studies to a master degree to obtain better profession in LIS program instead of working as information specialists or librarians. Regarding the obstacles they face during the period of their study at LIS program, students maintain that lack of laboratory and lack of adequate resources in have made their learning difficult. Therefore, they expect for the school to provide more trainings in hard and soft skills, especially in foreign languages and IT while updating the curricula to keep up to date with new trends in LIS.   

     


Keywords


Library and Information Studies; Library Studies; Information Science; librarian; information specialist, program studi ilmu perpustakaan; karir lulusan ilmu perpustakaan; pustakawan; ahli informasi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR BACAAN

Basuki, S. (1994). Periodisasi Perpustakaan Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bolduc, M. (2000). Power of motivation. Vancouver: Guaranteed Success Strategies.

Brown, J. E., Cox, J., & Tormey, E. (2013). Working Toward the MLIS: Library Students in Access Services. Journal of Access Services, 10(1), 61–67. https://doi.org/10.1080/15367967.2013.738394

Çaliskan, M. (2014). Effect of Cognitive Entry Behaviors and Affective Entry Characteristics on Learning Level. Educational Sciences: Theory & Practice, 14(5), 1816–1821. https://doi.org/DOI: 10.12738/estp.2014.5.1834

Cassel, K. A., & Hiremath, U. (2009). Reference and Information Service in the 21st Century: an Introduction. London: Facet Publishing.

Hapsari, D. (2011). Menjadi pustakawan profesional bersama ikatan pustakawan indonesia (IPI). EduLib, 1(1), 119–126.

Irmawati, B. R. (2008). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Khairunnissa. (2015). Faktor-faktor yang mendorong pemilihan program studi Ilmu Perpustakaan oleh mahasiswa llmu Perpustakaan Universitas Sumatera Utara. Medan. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Lunenburg, F. C. (2011). Goal-Setting Theory of Motivation. International Journal of Management, Business, and Administration, 15(1). Retrieved from http://www.nationalforum.com/Electronic Journal Volumes/Lunenburg, Fred C. Goal-Setting Theoryof Motivation IJMBA V15 N1 2011.pdf

Mulyatini, S., & Handayani, T. (2010). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan memilih program studi. Jakarta.

Nalim. (2012). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Memilih Program Studi Bahasa Arab STAIN Pekalongan. Forum Tarbiyah2, 10(2), 214–235.

Siahaan, H. (2010). Faktor-faktor yang melatarbelakangi mahasiswa memilih program studi ilmu perpustakaan Universitas Sumatera Utara. Medan: Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sumatera Utara: Medan.

Suryani, W., & Ginting, P. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara al-Munawaroh Medan. Modernisasi, 9(3), 33–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v6i2.3927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.