Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Electronic Theses and Dissertations (ETD) Perpustakaan UGM dengan Menggunakan Metode LibQUAL +TM

Sarwono Sarwono, Isbandini Isbandini, Dwi Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka di layanan Electronic Theses and Dissertations (ETD) Perpustakaan UGM dikaji dari dimensi Affect of Service (Kinerja Petugas dalam Pelayanan), Information Control (Kualitas Informasi dan Akses Informasi) dan Library as Place (Sarana Prasarana) menggunakan metode LibQUAL+TM
Metode LibQUAL +TM mencakup perhitungan antara nilai yang diberikan oleh pemustaka untuk setiap pertanyaan yang terkait dengan tiga kategori yaitu persepsi, harapan minimum dan harapan ideal. Kepuasan pemustaka diukur dengan menggunakan analisis kesenjangan antara persepsi, harapan minimum, dan harapan ideal yang dalam hal ini adalah Adequacy Gap (AG) dan Superiority Gap (SG).Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif yaitu melalui survei dengan menggunakan kuesioner. Populasi dari penelitian adalah pemustaka layanan ETD Perpustakaan UGM, sedangkan sampel diambil dengan metode strata sampel (stratified sampling). Sampel yang diteliti berjumlah 98 orang.
Dalam penelitian ini dipergunakan alat bantu SPSS for windows versi 20 dengan menggunakan Teknik Mean Difference. Dalam mean difference tersebut ada T-test yang digunakan untuk menguji 4 (empat) variabel dalam kualitas layanan perpustakaan dari rerata persepsinya, rerata harapan minimum, dan rerata harapan ideal
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi (P) pemustaka mendapatkan skor 91,7805; harapan minimum (HM) pemustaka mendapatkan skor 86,8215; harapan ideal (HI) pemustaka mendapatkan skor 99,0665; adequacy gap (AG) pemustaka mendapatkan skor 4,959; dan superiority gap (SG) pemustaka mendapatkan skor -7,2855. Data tersebut menunjukkan bahwa skor “persepsi” sudah memenuhi “harapan minimum” namun belum memenuhi “harapan ideal”. Sedangkan skor AG bernilai positif berarti menunjukkan bahwa layanan yang diberikan telah melebihi atau memenuhi harapan minimum pemustaka.
Setelah dikaji menggunakan metode LibQUAL+TM , kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pemustaka layanan ETD Perpustakaan UGM pada dimensi Affect of Service (Kinerja Petugas dalam Pelayanan) adalah “cukup puas” dan “dalam batas toleransi”; tingkat kepuasan pemustaka layanan ETD Perpustakaan UGM pada dimensi Information Control (Kualitas Informasi dan Akses Informasi) adalah “cukup puas” dan “dalam batas toleransi”; tingkat kepuasan pemustaka layanan ETD Perpustakaan UGM pada dimensi Library as Place (sarana dan prasarana perpustakaan) adalah “cukup puas” dan “dalam batas toleransi”

Keywords


Kepuasan Pemustaka; Persepsi; Harapan Minimun; Harapan Ideal; LibQUAL +TM

Full Text:

PDF

References


Basrowi dan Sudjarwo. (2011). Manajemen Penelitian Sosial. Bandung: Mandar Maju

Fatmawati, E., (2012). Evaluasi Kualitas Layanan Perpustakaan FEB UNDIP Dengan Metode LibQUAL+TM.Tesis. Yogyakarta: Program Manajemen Informasi Perpustakaan-MIP, Kajian Budaya dan Media, Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.

Irawan, Handi. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Elek Media Komputindo.

Jumanto. (2013)..Analisa Kesenjangan Persepsi Tentang Kualitas Layanan InternalAntara Harapan dan Pelaksanaan: Studi Kasus pada Direktorat Jenderal Perkeretaapian., Tesis. Yogyakarta: Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada.

Nurkertamanda, Denny dan Wirawan, Pandu. (2009). “Usulan Konsep Peningkatan Kepuasan Pengguna Perpustakaan dengan Menggunakan Metodologi LibQUAL+TM dan Quality Function Deployment.” JTI UNDIP, IV (2), h.142-151.

Rahayuningsih. (2013). Analisa Kepuasan Pemustaka Terhadap Kualitas Jasa Layanan Menggunakan Metode LibQUAL+TM (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta).Tesis.Yogyakarta : Program Magister Informasi dan Perpustakaan Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.

Siregar, S., (2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Soeatminah. (1992). Perpustakaan, kepustakawanan, dan pustakawan. Yogyakarta:Kanisius.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta

Sulistyo-Basuki. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan cetakan 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

____________. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra bekerjasama dengan FIB UI

Sutarno NS., (2003). Perpustakaan dan Masyarakat.Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Zed, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Cet. 1. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Zeithaml, V.A. dan Bitner, M.J., (2003). Services Marketing: Integrating CustomerFocus Across The Firm. New York: Mc Graw Hill

Zeithaml, V.A. dan Parasuraman, A., (1990). Delivering Quality Service. London: Collier Macmillan Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v6i2.4153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.