Perbandingan Pemanfaatan Layanan Koleksi Skripsi Tercetak Atau Hardcopy Dengan Layanan Koleksi Skripsi Online Pada Repositori IAIN Kudus Sebagai Sumber Referensi Bagi Mahasiswa di UPT Perpustakaan IAIN Kudus

Radiya Wira Buwana

Abstract


Layanan koleksi skripsi sebagai salah satu bagian dari layanan koleksi referensi di UPT Perpustakaan IAIN Kudus masih menjadi tempat yang paling sering dikunjungi oleh pemustaka yang membutuhkan koleksi bahan pustaka, terutama bagi mahasiswa semester akhir yang sedang menyusun tugas akhir atau skripsi. Sebagai wujud pelayanan prima untuk memenuhi kebutuhan pemustaka akan sumber bahan pustaka di IAIN Kudus yang dilakukan oleh UPT Perpustakaan IAIN Kudus, layanan koleksi skripsi masih menyajikan hardcopy atau edisi cetak  dengan edisi terbatas 2 tahun terakhir  dari tahun berjalan untuk bisa dibaca di tempat dan dimanfaatkan. Dengan kemajuan teknologi, UPT perpustakaan IAIN Kudus sudah menyediakan layanan repositori / e-prints IAIN Kudus untuk bisa dimanfaatkan oleh seluruh pemustaka di IAIN Kudus menelusur semua karya ilmiah, tugas akhir, skripsi maupun tesis secara online yang pernah ditulis oleh seluruh civitas akademi IAIN Kudus. Dari dua hal di atas, melalui tulisan ini penulis mencoba membandingkan bagaimana pemustaka di perpustakaan IAIN Kudus dalam menggunakan layanan koleksi skripsi secara online maupun cetak/hardcopy bagi terpenuhinya koleksi pustaka yang mereka butuhkan.


Keywords


Skripsi, Repository, Koleksi Referensi

Full Text:

PDF

References


“Arti kata skripsi - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.” Diakses 9 Oktober 2018. https://kbbi.web.id/skripsi.

Dewi, Siti Malaiha, dan Rochanah, Rochanah. “Literasi Informasi Mahasiswa STAIN Kudus Dalam Memanfaatkan Digital Library.” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 5, no. 1 (Juni 2017).

Fitriani, Rd Erni. “Layanan Digital Content : Layanan Open Access Penelusuran Infromasi Koleksi Karya Ilmiah.” Libraria : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi 5, no. 2 (Desember 2016).

Hadna, Ida N. “Peran Perpustakaan dalam Mengembangkan Institutiuonal Repository di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Pustakaloka 6, no. 1 (2014).

Muslich, Masnur. Bagaimana Menulis Skripsi ? Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Rodliyah, Ummi. “Penggunaan Aplikasi E-Prints Untuk Pengembangan Institutional Repository dan Pengaruhnya Terhadap Peringkat Webometrics Perguruan tinggi di Indonesia.” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 4, no. 1 (Juni 2016).

Tim Penyusun Buku Panduan UPT Pepustakaan IAIN Kudus Tahun 2018. Buku Panduan UPT Perpustakaan IAIN Kudus Tahun 2018. Kudus: IAIN Kudus, 2018.

Ulum, Amirul, dan Budiwijaya, M.N. “Pengelolaan Sistem informasi Karya Ilmiah.” Pustakaloka 4, no. 1 (2012).




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v7i1.4474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.