Analisis Faktor-Faktor Pendukung Minat Baca Mahasiswa Jurusan Tari di Perpustakaan

Emi Tri Mulyani

Abstract


The rescarch entitled “Analysis of the supporting factors for reading interest in dance students in the library” contains about reading , reading in ferest factors and analysis of reading in ferest factors in Surakarta dance content students. The results of thes study used qualitative research methods with data obtained from written sources, observation and interviews. The theory used is a theory abaut reading and reading interest becouse it is a frame work for solving problems faced. The factors found in this study were the factors of purpose and benefits of reading, the availability of fasilies and infrastructure, the factor of teacher or lecturer, the availability of reading books, gender and the means of classmates. The results obtained from this study are that reading in terest of prospective dance graduates is very minimal or their lack of attention to reading books, research sources, and space in the library is sufficient and the problem of reading enthusiasts is a little making the library quiet several factors related to students majoring in dance to foster reading interest need to be strengthenet and encouraged so that libraries and reading centers in libraries become reference search destinations.

 

Penelitian yang berjudul “Analisis Faktor-Faktor Pendukung Minat Baca Mahasiswa Jurusan Tari di Perpustakaan” memuat tentang minat baca, membaca, faktor-faktor minat baca dan analisis faktor-faktor minat baca mahasiswa Jurusan Tari di ISI Surakarta. Hasil penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan data diperoleh dari sumber tertulis, observasi dan wawancara. Teori yang digunakan adalah teori tentang minat baca dan membaca karena merupakan kerangka dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Faktor yang ditemukan dalam penelitian ini adalah faktor tujuan dan manfaat membaca, tersedianya sarana dan prasarana, faktor Guru atau Dosen, tersedianya buku bacaan, jenis kelamin, dan saran-saran teman sekelas. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa minat baca para calon sarjana tari sangat minim sekali dan kurangnya perhatian mereka pada membaca. Pengelolaan tentang buku bacaan, sumber penelitian, dan ruang di dalam perpustakaan sudah mencukupi dan masalah peminat baca sedikit menjadikan perpustakaan sepi pengunjung. Beberapa faktor yang terkait dengan mahasiswa Jurusan Tari untuk menumbuhkan minat baca perlu dipertebal dan digalakkan agar perpustakaan dan buku bacaan diperpustakaan menjadi destinasi pencari referensi.


Keywords


Minat Baca: Mahasiswa; Faktor-Faktor Pendukung

Full Text:

PDF

References


Azam Syukur Rammatullah (2005). Problematika anak Kampus. Quranic Media Pustaka: Yogyakarta.

Baderi, Athaillah (2003), Gerakan Nasional Membaca Suatu Pemikiran Kearah Akuntabilitas Pemerintah, Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Daryanto, 1986. Pengetahuan Praktis Bagi Pustakawan. Malang: Bina Cipta.

Ginting, Cipta. 2003. Kita Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.

Noegroho, Elita D. 1983. Peranan dan Penerapan Media Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penelitian Inika Atmajaya.

Rachmad, Abd dkk. 1985. Minat Siswa SD di Jawa Timur. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.

Rahmat, Jalaludin. 1991. Metode Penelitian Komunikasi, Bandung Remadja Rosdakarya.

Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta:Rineka Cipta.

Sutarno, NS. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. CV Sagung Seto.

Winkel, WS. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia.

Aminudin (28 Tahun) Mahasiswa Pascasarjana ISI Surakarta. Blitar, Jawa Timur.

Angga Febri (26 Tahun) Mahasiswa Jurusan Tari ISI Surakarta. Baluwarti. Surakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v6i2.4479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.