PENERAPAN PRINSIP ORGANISASI DALAM FUNGSI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI DINAS PERPUSTAKAAN KEARSIPAN KABUPATEN TAKALAR

Haruddin Haruddin, Hijrana Hijrana, Muliaty Amin, Muh. Nadjib

Abstract


Manajemen perpustakaan tidak hanya berdasar pada teori, tetapi yang terpenting adalah bagaimana mengimplementasikan teori tersebut dalam praktik operasional. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan prinsip-prinsip manajemen organisasi dalam fungsi manajemen perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sehingga data yang diperoleh dari informasi dapat digambarkan secara deskriptif dengan melakukan observasi di lapangan, kemudian melakukan wawancara kepada kepala Dinas perpustakaan dan pengelola perpustakaan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh bahwa dalam penerapan prinsip-prinsip manajemen organisasi ke dalam fungsi manajemen sudah di terapkan dengan mengacu pada prinsip manajemen secara umum seperti perencanaan, pengorganisasian, pengerahan dan pengawasan sudah diterapkan  secara optimal meskipun terdapat beberapa kendala seperti kurangnya SDM untuk melaksanakan prinsip manajemen yang sudah dikemukakan sebelumnya. Kesimpulan dari penelitian bahwa terdapat beberapa kendala dalam proses penerapan prinsip manajemen secara umum yang sering ditemui oleh pustakawan yang tidak berlatar belakang sarjana ilmu perpustakaan. Namun secara garis besar prinsip manajemen pada umumnya sudah diterapkan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Takalar.


Keywords


Pinsip Organisasi; Manajemen Perpustakaan

References


Mathar, Quraisy. Manajemen dan Organisasi Perpustakaan. Makassar: Alauddin University Press, .2012.

S.H, Lee. Digital Information And Knowledge Management: New Opportunities For Research Library. New York: Rout Ledge, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sutarno, Ns. Tanggung Jawab Perpustakaan Dalam Mengembangkan Masyarakat Informasi. Jakarta: Pantai Rei. 2008.

Hayati, Niklas, Nolly S Londa, Ridwan Paputungan,. ImplementasiManajemen Perpustakaan dalam meningkatkan jumlah Perpustakaan. Jurnal Acta Diurna, Vol. 8 No. 1, 2019, https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/23439

Elianita, Bensu, Niswanto, Sakdiah Ibrahim. Manajemen Pustakawan pada dinas Perpustakaan dan Kearsiapan kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Administrasi Pendidikan;Program Pascasarjana Unsyiah, Vol. 6 No. 4, 2018, http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/13149




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v7i2.5572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.