Persepsi Mahasiswa Tentang Daya Tarik Jurusan Ilmu Perpustakaan: Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar

Fikar Muasbin

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Persepsi Mahasiswa Tentang Daya Tarik Jurusan Ilmu Perpustakaan : Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alaudin Makassar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1). Persepsi mahasiswa tentang daya tarik jurusan Ilmu Perpustakaan, 2). Untuk mengetahui harapan mahasiswa dalam pengembangan jurusan Ilmu Perpustakaan pada Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alaudin Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan managerial, yuridis dan pedagodik. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang terdiri dari mahasiwa jurusan Ilmu Perpustakaan, dan sumber data sekunder yang diperoleh dari referensi pihak kedua, baik berupa majalah, jurnal, artikel dan berbagai hasil penelitian yang relevan. Instrumen penelitian ini menggunakan panduan pedoman wawancara, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data melalui beberapa tahap yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, luasnya lapangan kerja serta semakin tingginya passing grade merupakan faktor utama yang menjadi daya tarik jurusan Ilmu Perpustakaan . Kedua. mahasiswa berharap peningkatan kualitas SDM dimana hal tersebut merupakan salah satu langkah konkret dalam mengembangkan jurusan Ilmu Perpustakaan. Selain itu, mahasiswa juga berharap adanya terobosan baru dari pemerintah untuk alumni jurusan Ilmu Perpustakaan dengan semakin banyak memberdayakan perpustakaan di setiap Instansi yang ada di Indonesia.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan adanya regulasi tentang pengawasan dan pemeliharaan terhadap sarana dan fasilitas perkuliahan yang ada di UIN Alaudin Makassar khususnya jurusan Ilmu Perpustakaan. Selain itu pemerintah sebaiknya membuat kebijakan dalam hal satuan kerja di perpustakaan agar lebih memahami tupoksi dan latar belakang pendidikan ilmu perpustakaan agar tidak ada tumpang tindih dengan alumni program studi lain.


Keywords


Ilmu Perpustakaan, lapangan kerja, passing grade, tupoksi

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ilmu Perpustakaan (website), Ipi. Fah.uin-alauddin.ac.id/tentang. 2019.

Saleh, A. R. Percikan Pemikiran di Bidang Kepustakawanan. Jakarta: Sagung Seto. 2011

Tamara Adriani Salim, Apa Menariknya Kuliah Di Ilmu Perpustakaan ?. Tirto. Id. 2019,

https:??tirto.id/apa-menariknya-kuliah-di-prodi-ilmu-perpustkaan-ecUz.

Undang-Undang Republik Indonesia No.43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan Pasal

h.3

Wiji Suwarno, Ilmu Perpustakaan & Kode Etik Pustakawan, (Yogyakarta: Ar-ruzz

Media, 2015

Wasty Soemanto, Drs Psikologi Pendidikan. Malang : Bina Aksara 1984

Wawancara

Abd. Rahmat, (Mahasiswa), wawancara (Makassar: 14 Juli 2019 )

Adri, (Mahasiswa), wawancara (Makassar: 14 Juli 2019 )

Akil, (Mahasiswa), wawancara (Makassar: 14 Juli 2019 )

Baso, (Mahasiswa), wawancara (Makassar: 13 Juli 2019 )

Ikrimah Ramadhan Parela, (Mahasiswa), wawancara (Makassar: 13 Juli

)

Ilsam, (Mahasiswa), wawancara (Makassar: 14 Juli 2019 )

Jherio Wiranda, (Mahasiwa), wawancara (Makassar: 14 Juli 2019 )

Muh Haris, (Mahasiswa), wawancara (Makassar: 13 Juli 2019 )

Muh. Nur Syamsyadi,( Mahasiswa), wawancara (Makassar: 13 Juli 2019 )

Nurmia Lukman, (Mahasiswa), wawancara (Makassar: 13 Juli 2019 )

Riska sari , (Mahasiswa), wawancara (Makassar: 14 Juli 2019 )

Sri Wahyuni, (Mahasiswa), wawancara (Makassar: 13 Juli 2019 )

Touku Umar , (Sekjur Ilmu Perpustakaan), Wawancara ( Makassar : 18 Juli 2019)




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v7i2.6462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.