Kompetensi Literasi Informasi Mahasiswa (Studi Kasus di Universitas Sebelas Maret Surakarta)

Masriyatun Masriyatun

Abstract


Kompetensi literasi informasi pernah diteliti oleh Association of College & Research Libraries Standards Committee dan hasilnya diakui oleh The Board of Directors of the Association of College and Research Libraries (ACRL). Literasi informasi telah menjadi sebuah program wajib di berbagai lembaga, khususnya perpustakaan. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi 220 dengan sampel 22. Teknik pengambilan sampel secara random sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan kuesioner. Adapun Teknik analisis dengan menggunakan SPSS 22. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komnpetenasi literasi informasi mahasiswa. Berdasarkan hasil pembahasan, hasil yang diketahui bahwa variable kompetenasi literasi informasi mahasiswa di UPT Perpustakaan UNS dikategorikan sedang yaitu sejumlah 14 orang atau 59,1%.

Keywords


Literasi Informasi, Perpustakaan

References


Dewi Puspitasari, Mutty Hariyati, 2016. Kompetensi Literasi Informasi Mahasiswa (Studi pada Universitas Airlangga dan Universitas Negeri Surabaya) dalam Prosiding Seminar Internasional “Transformasi peprustakaan sebagai Manajemen Data research untuk mendukung World class University” Surabaya, 25-26 April 2018.

Perpustakaan Kemenkes RI, 2016. Literasi Informasi Kemenkes RI, Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Jakarta Selatan.

Priyanto, Duwi (2014). SPSS 22 ; pengolah data terpraktid, Yogyakarta: Andi

Singarimbun, Masri; Effendi, Sofian. (1989). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v7i2.6510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.