Urgensi Perpustakaan Kampus sebagai Media Keterbukaan Informasi Publik dalam Mencerdaskan Bangsa

Moh. Rosyid

Abstract


Tujuan ditulisnya naskah ini mengevaluasi peran manajemen pelayanan perpustakaan kampus, sudahkah memenuhi UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) berpijak pada UU No 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Hal mendasar yang harus dipahami pustakawan kampus bahwa kewajiban Badan Publik (kampus) (1) menyediakan dan melayani permintaan informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional, dan cara sederhana; (2) membenahi sistem dokumentasi dan pelayanan informasi, (3) wajib membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik (IP) untuk mendapatkan IP kecuali menghambat proses penegakan hukum, mengganggu kepentingan perlindungan hak atas kekayaan intelektual dan perlindungan dari persaingan usaha tidak sehat; membahayakan pertahanan dan keamanan negara, merugikan ketahanan ekonomi nasional dan kepentingan hubungan luar negeri, dan mengungkap rahasia pribadi. Ada pula hal yang boleh dipublis sesuai muatan UU KIP. Perpustakaan sudah saatnya sebagai sumber informasi tulis dan digital, tidak hanya sumber referensi ilmiah juga dinamika kampus dan produk hukum menyangkut kampus dengan kemudahan mengakses bagi publik, terutama era digital. Kemudahan mengakses sumber data/informasi di perpustakaan kampus dengan kecanggihan teknologi informasi sebagai wujud peran serta perpustakaan ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, tidak hanya mahasiswanya. Pelayanan yang tidak dibatasi ruang dan waktu sebagai langkah mengikuti dinamika global di era digital hingga terwujudnya kecerdasan anak bangsa.


Keywords


informasi, keterbukaan informasi, mencerdaskan

Full Text:

PDF

References


Alafghani, Mohammad Mova. Dua Kubu Transparansi. Republika, 28 September 2013.

Diredja, Tjahja Gunawan. Media Sosial untuk Apa? Kompas, 28 Juni 2013.

Hakim, Heri Abi Burachman dan Wiyarsih. Kompetensi Pustakawan dan Optimalisasi Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Pemustaka Difabel. Jurnal Ikatan Pustakawan Indonesia. Vol.3, No.1 Tahun 2018.

Liye, Tere. Penyakit Sosial Dunia Maya. Kompas, 6 Juli 2013.

UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan

UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP)




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v7i2.6511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

 Creative Commons License

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan by Perpustakaan IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.