MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM SISTEM KKNI DI PGMI

Kisbiyanto Kisbiyanto

Abstract


Kurikulum pada program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus sudah dikembangkan dengan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Rumpun mata kuliahnya dikelompokkan sesuai dengan capaian pembelajaran (outcome learning) beserta kajian yang diperlukan sehingga muncul nama-nama mata kuliah. Selanjutnya, mata kuliah itu dikelompokkan pada tiga tingkatan, yaitu mata kuliah tingkat institusi, mata kuliah tingkat jurusan, dan mata kuliah tingkat program studi. Semua mata kuliah disusun dengan dilengkapi sistem penilaian dan sistem kendali mutu.



Keywords


Management of Curriculum System Development and Indonesian Qualification Framework Curriculum

Full Text:

PDF

References


Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (1993). Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta:PT. Citra Aditya Bakti.

Nizar, Samsul. (2002). Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis. Jakarta:Ciputat Press.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 73 tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia bidang pendidikan tinggi.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Peraturan Presiden nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Rofiq, Moh. (2009). Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta:LKiS.

Soetopo, Henyat dan Wasty Soemanto. (1986). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta:PT. Bima Aksara.

St. Vembriarto. (1993). Pengantar Perencanaan Pendidikan. Jakarta:PT. Grasindo.

Subandijah. (1996). Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. (2000). Total Quality Management. Yogyakarta:Penerbit Andi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v4i2.2410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/isjd.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/10.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/esji.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/journalfactor.jpg

 

Jurnal Quality by Prodi MPI Pascasarjana STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.