PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN KURIKULUM 2013 OLEH GURU SMA

Wikan Budi Utami, Yayat Hidayat Amir, Ponoharjo Ponoharjo, Fikri Aulia

Abstract


Tujuan khusus dari penelitian ini adalah menemukan model manajemen kurikulum 2013 serta keeekftifan dan keterserapan kurikulum 2013 di SMA Al-Irsyad di kota Tegal. Memberikan rekomendasi pada pemangku kebijakan dalam mengembangkan kurikulum 2013 di kota Tegal. Pelakasanaan kurikulum 2013 di kota Tegal masih dalam skala terbatas. Namun fakta di lapangan masih banyak sekolah yang terkendala dengan pelaksanaan kurikulum 2013. Masyarakat menilai bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 dianggap sama dengan kurikulum sebelumnya. Sikap dan perilaku masyarakat tersebut memang bukan tanpa alasan, karena memang ada sekolah yang masih melaksanakan kurikulum KTSP. Dengan berangkat dari pemikiran diatas, maka terdapat fenomena yang sangat menarik di beberapa SMA di kota Tegal yang berkaitan dengan manajemen kurikulum 2013 di sekolah menengah kota Tegal. Permasalahan yang akan diteliti antara lain mengenai bagaimanakah pelaksanaan manajemen kurikulum 2013 pada sekolah menengah atas di SMA Al-Irsyad kota Tegal, bagaimakah keterserapan kurikulum 2013 di sekolah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Ditegaskan oleh Borg dan Gall (2003), bahwa “educational research and development is a process used to develop and validate educational products”.


References


Borg, W & Gall. 2003. Educational research : An Introduction. New York and london; Longman.

Bacal, Robert. 2001. Performance Management. Terj.Surya Darma dan Yanuar Irawan. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Cullingford, C, 1995, The Effective Teacher, London: Cassell

Dahlan, (2003). Kamus Induk Istilah Ilmiah. Surabaya: Target Press Surabaya.

Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Hasan, S.H. (1988). Evaluasi Kurikulum. Jakarta: P2LPTK Ditjen Dikti.

Ibrahim, R. (2007). Training Of Trainer (TOT) Implementasi KTSP Di Sekolah. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Makalah.

Ibrahim, R. dan Nana Syaodih. (1996). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Idi, A. (1999). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Jakarta: Gaya Media Pratama.

katuuk, deitje adolfien (2014) manajemen implementasi kurikulum: strategi penguatanimplementasi kurikulum 2013.JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN

https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1858

Leli Awaliah, Leli (2017) Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Revisi (Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

McDonald, (1965). Educational Models for Instruction. Washington DC: The Association for Supervision and Curriculum Development.

Mulyasa. E.(2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samsudi. 2009. Desain Penelitian Pendidikan. UNNES Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v7i2.5792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/isjd.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/10.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/esji.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/journalfactor.jpg

Creative Commons License
Quality by Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.