Brand Switching Produk Kosmetik Halal: Ditinjau dari Aspek Daya Tarik Iklan dan Variety Seeking

Uswatun Khasanah, Bayu Tri Cahya

Abstract


This study aims to determine the influence of advertising and variations that seek the appeal of Wardah brand cosmetic switching products. This study uses a field research approach using questionnaire, interview, and documentation methods. The sampling technique uses purposive samples which are distributed to 100 female students of IAIN Kudus who have transformed the brand into Wardah cosmetic products. The method of data analysis uses multiple regression analysis with SPSS version 16. The results of this study indicate that the variable attractiveness of advertising and varieties seeking have a positive and significant influence on brand diversion. Variable search variables are variables that have a dominant influence on the switching variables of halal cosmetic products.

Full Text:

PDF

References


Ardiyansayah, Lutfi et. al. (2015). Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Efektivitas Iklan (Survey Terhadap Iklan Honda Versi Band Nidji “One Heart”). Jurnal Administrasi Bisnis Volume 23 No 2.

Arianto, Dwi Agung Nugroho., dan Mulyani, Sri. (2007). Pengaruh Lingkungan Internal, Lingkungan Eksternal, Respon Emosional Dan Respon Rasional Terhadap Perpindahan Merek (Studi Pada Remaja Konsumen Sabun Mandi Di Swalayan Saudara Jepara). Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol. 4 No. 2.

Arianto, Anandhitya Bagus. (2013). Pengaruh Atribut Produk, Harga, Kebutuhan Mencari Variasi dan Ketidakpuasan Konsumen terhadap Keputusan Perpindahan Merek dari Samsung Galaxy Series di Kota Malang. Jurnal ISSN Volume 11 Nomor 2.

Chaudhry, Muhammmad Sharif. (2016). Sistem Ekonomi Islam : Prinsip Dasar (Fundamental Of Islamic Evonomyc System). Prenada Media Grup: Jakarta.

Effendi, Usman. (2016). Psikologi Konsumen. edisi I, cetakan I. Rajawali Press: Jakarta.

Mukti, Rama Kerta. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan; Konsep Pesan, Media, Branding Dan Anggran. Rajawali Press: Jakarta.

Endah,Nur Hadiati. (2014). Perilaku Pembelian Kosmetik Berlabel Halal Oleh Konsumen Indonesia Consumers’s Purchasing Behavior Toward Halal Labeled Cosmetics In Indonesia. Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi, Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Vol 22.

Hakim, Muhammad Andie dan Sutopo. (2016). Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Perpindahan Merek Sepeda Motor Bebek Yamaha Ke Honda. Diponegoro Journal Of Management Volume 5 Nomor 2.

Hanif , Muhammad Haidar dan Soesanto, Harry. (2017). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Kelompok Acuan terhadap Perpindahan Merek pada Laptop Toshiba dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada eks-Konsumen Toshiba di Kota Semarang). Jurnal Volume 6 Nomor 4. 2.

Horton, R.L. (1984). Buyer Behavior: A Decision Making Approach. Ohio: Bell and Howell Company.

Irawan, Andi et. Al. (2010). Pengaruh Kualitas Fitur, Desain, Iklan, Kepuasan Konsumen Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keinginan Berpindah Merek Handpone (Survai Pada Pengguna Handphone Di Kota Purwokerto). Jurnal Vol. 11 No.1 Maret.

Loprang, Jilly Vanessi. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Perpindahan Merek Mie Instan(Studi pada Mahasiswa di Kota Manado. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 3No.4.

Masitha, Merry Agil dan Suprihhadi, Heru. (2014). Pengaruh Harga, Variasi Produk, Ketidakpuasan Konsumen Dan Iklan Pesaing Terhadap Perpindahan Merek. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 1.

Mayasari, Iin. (2018). Perilaku Pencarian Variasi: Ditinjau Dari Prespektif Psikologi dan Imbasnya Pada Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan.

Pantawis, Setyo dan Kristanto, Rudi Suryo. (2016). Analisis Brand Switching Media Sosial (Studi pada Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Berbisnis di Kalangan Mahasiswa di Kota Semarang). Jurnal Vol.7 No. 2, Desember.

Priyatno,Duwi. (2010). Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. PT Buku Seru: Jakarta.

Siregar, Sofian. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara: Jakarta.

Sugiyono. (2016). Motode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Pustaka Baru: Yogyakarta.

Susanto, Yosua Dwi dan Widyawati, Nurul. (2016). Pengaruh Variety Seeking, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Perpindahan Blackberry Ke Smartphone. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5 Nomor 2, ISSN : 2461-0593.

Susilo, Anggita Kurnia Heru., Fauzi, Achmad., dan Fanani, Dahlan. (2015). Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Perpindahan Merek. Jurnal Vol. 29 No. 1.

Suwandi, Amrina Rasyada., dan Septrizola,Whyosi. (2015). Pengaruh Iklan Dan Perilaku Mencari Variasi Terhadap Brand Switching kartu Seluler Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Praktik Bisnis, Volume 4 Nomor 1.

Yunita, Dessy., dan Rosa, Aslamia. (2016). Pengaruh Mencari Variasi, Ketidakpuasan Dan Ketidak Tersediaan Produk Terhadap Perpindahan Merek. Jurnal Vol.14 No.4.

http://www.surveymonkey.com/r/Y327X88, diakses pada 26 November 2017 pada jam 19.55.

www.topbrand.com diakses pada tanggal 28 Juni 2018 pada jam 20.00.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/aktsar.v1i2.5098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

https://search.crossref.org/?q=aktsar&publication=AKTSAR%3A+Jurnal+Akuntansi+Syariahhttps://scholar.google.co.id/citations?user=LdV3AiwAAAAJ&hl=en&authuser=3