Open Journal Systems

DINAMIKA PERTUMBUHAN PONDOK PESANTREN DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM

Mas'udi Mas'udi

Abstract

 

Pertumbuhan sosial kemasyarakatan yang berjalan di tengah-tengah masyarakat tidak dapat dinafikkan dari kemunculan dinamika sosial yang berjalan di tengah-tengah mereka. Kehadiran pondok pesantren dalam realitas kehidupan masyarakat, hal tersebut telah memberikan format sosial baru sehingga keberadaannya menginfiltrasi realitas sosial yang cukup berarti bagi pembentukan masyarakat yang berjalan. Berbekal analisis literasi atas kajian ini, eksplorasi tentang pertumbuhan sosial di masyarakat sebagai dampak dari adanya pondok pesantren menjadi sebuah paradigma yang pada akhirnya data tersebut jamak menjadi keutuhan eksplorasi dalam kajian ini. Secara seksama dapat dijumpai dalam realitas kehidupan sosial di masyarakat bahwa pertumbuhan sosial di tengah-tengah mereka banyak terinfiltrasi oleh pola-pola kehidupan di pondok pesantren. Sebagai bukti data yang bisa dilihat dalam kerangka ini adalah terjadinya keguyuban sosial yang berjalan. Meskipun secara konseptual dalam kajian antropologi, keguyuban sosial lebih diidentikkan dengan eksklusivitas sosial dari kelompok kecil di masyarakat, namun secara faktual dapat dicermati bahwa pertumbuhan mereka memberikan warna tersendiri bagi eksistensi masyarakat yang berjalan.

References


Fathoni, Abdurrahmat, 2006. Antropologi Sosial Budaya (Suatu Pengantar). Jakarta: Rineka Cipta.

Koentjaraningrat, 2011. Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekanto, Soerjono dan Budi Sulistyowati, 2014. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta Rajawali Pers.

Geertz, Clifford. 1992. Kebudayaan dan Agama. Yogyakarta: Kanisius.

Fried, Morton H. 1968. Reading in Anthropology—Second Edition—. New York: Thomas Y. Crowell Company.

Koentjaraningrat, 2010. Pengantar Antropologi I. Jakarta: UI-Press

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES, 2011.

Thohir, Ajid, 2011. Studi Kawasan Dunia Islam (Perspektif Etnolinguistik dan Geopolitik). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Tjandrasasmita, Uka, 2009. Arkeologi Islam Nusantara. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) Bekerjasama dengan Ecole Francaise d’Extreme-Orient dan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah.

Nata, Abuddin, 2014. Sosiologi Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Wahid, Abdurrahman, 2010. Prisma Pemikiran Gusdur. Yogyakarta: LkiS.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.