Open Journal Systems

DAKWAH KONTEMPORER MASYARAKAT PERKOTAAN (Analisis Sibernitas Teknologi terhadap Pembentukan Agama Masyarakat Islam Perkotaan)

Mas'udi Mas'udi

Abstract

 

Kehidupan masyarakat perkotaan memiliki keunikan tersendiri untuk dikaji dan dirumuskan dalam dimensi kajian dakwah atas pengembangan masyarakat Islam. Dinamika kehidupan masyarakat perkotaan yang terdiri dari beraneka macam suku, ras, bahasa, agama, budaya, dan sosial, keberadaan tersebut menjadi aspek pelik untuk disatukan dalam satu bingkai sosial yang utuh dan sepakat dalam perbedaan. Kesatuan masyarakat perkotaan akan tampak terlihat ketika menganalisis mereka dalam kesatuan sikap sebagai insan yang menyatu dalam satu landasan teknologi informasi. Perjumpaan yang ada di tengah-tengah mereka bisa dilihat dalam bingkai kesatuan sikap sosial yang dibentuk oleh sibernitas teknologi. Masyarakat perkotaan dapat dilihat kebersatuan mereka sebagai pengguna dan katalisator hidup dalam teknologi. Berbekal kajian budaya sosial atas kehidupan masyarakat perkotaan, kajian ini menemukan bahwa masyarakat perkotaan dalam lintasan pengembangan masyarakat Islam dapat didudukkan sebagai pengguna teknologi guna menyatukan mereka dalam satu sikap budaya yang beraneka ragam. Kesatuan sikap ini tampak dari kesadaran mereka bahwa kota merupakan melting pot tempat bertemu dan menyatu dalam keanekaragaman sosial.

 

References


Fathoni, Abdurrahmat, 2006. Antropologi Sosial Budaya (Suatu Pengantar). Jakarta: Rineka Cipta.

Koentjaraningrat, 2011. Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekanto, Soerjono dan Budi Sulistyowati, 2014. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta Rajawali Pers.

Geertz, Clifford. 1992. Kebudayaan dan Agama. Yogyakarta: Kanisius.

Steward, Julian H, “The Concept and Method of Cultural Ecology” dalam Morton H. Fried, 1968. Reading in Anthropology—Second Edition—. New York: Thomas Y. Crowell Company.

Koentjaraningrat, 2010. Pengantar Antropologi I. Jakarta: UI-Press

Ali Aziz, 2009. Ilmu Dakwah (Edisi Revisi), Jakarta: Kencana.

Abdul Basit, 2013. Filsafat Dakwah. Jakarta: Rajawali Press.

Dede Mulkan, “Dakwah dan Media Potret Dakwah Islam di Media Televisi” Makalah Dacon, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 14 – 16 Desember 2012.

Kustadi Suhandang, Strategi Dakwah Penerapan Strategi Komunikasi dalam Dakwah. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2014.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.