Open Journal Systems

Pemberdayaan Masyarakat Dengan Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Dalam Bidang Pertanian Melalui Sistem Hidroponik (Di Desa Besito Kauman Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus)

Mega Anjar Sari, Laily Mufattihah, Fina Jamilatul Ula

Abstract

ABSTRAK

Usaha yang dilakukan seseorang dalam mengembangkan masyarakat. Salah satu usaha yang dilakukann adalah dengan cara memanfaatkan teknologi tepat guna dalam bidang pertanian dengan sistem tanam hidroponik. Bentuk-bentuk pengembangan masyarakat yang yang sesuai pada saat ini adalah tentang suatu hal yang disukai oleh remaja. Remaja sangatlah berpengaruh dalam proses pengembangan masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat yang tepat melalui pemanfaatan teknologi tepat guna dalam bidang pertanian dengan sistem hidroponikdi desa Besito Kauman kecamatan Gebog kabupaten Kudus dan untuk mengetahui strategi pemberdayaan masyarakat yang tepat melalui pemanfaatan teknologi tepat guna dalam bidang pertanian melaui sistem hidroponik di desa Besito Kauman kecamatan Gebog kabupaten Kudus.

Metode penelitian yang dilakukan adalah melalui prosedur penelitian, perencanaan, tindakan, observasi (wawancara), evaluasi, analisis, dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan teknologi tepat guna dalam bidang pertanian dengan sistem hidroponik didesa Besito Kauman Kudus sangat berpengaruh untuk pengembangan ekonomi warga sekitar. Sistem pengembangannya berupa pembuatan desa wisata, ;pembukaan lahan pekerjaan bagi warga. Selain bagi warga juga sangat meningkatkan ekonomi pemilik usaha tersebut dimana yang awalnya mendapat penghasilan 200.000 perhari sekarang meningkat jadi 800.000 perhari, jadi peningkatannya 75% dari usaha awal.

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.