SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN GURU

Ahmad Ghufron, Husni Mubarok

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan langkah-langkah supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas sekolah dan menjelaskan peningkatan kreatifitas pembelajaran guru setelah dilakukannya supervisi oleh pengawas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengawas sekolah di Kemenag Kabupaten Demak. Data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah induktif yang berarti bahwa peneliti melakukan observasi terlebih dahulu baru kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa supervisi akademik dilakukan melalui beberapa tahapan; perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Supervisi dilaksanakan dengan cara kunjungan kelas, observasi, dan wawancara. Supervisi yang dilaksanakan oleh pengawas berdampak terhadap pengembangan kualitas pembelajaran guru, perencanaan pembelajaran yang lebih matang, kegiatan pembelajaran terorganisir, penggunaan strategi/metode pembelajaran yang variatif, dan teknik evaluasi yang bervariasi.


Keywords


supervisi akademik, pengawas sekolah

References


Ali, A. N. (2014). Efektifitas Pengawasan Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam SD Negeri Keniten 1 Kabupaten Ngawi. Intelektual Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 46 –60.

Asyhari, M. (2011). Supervisi Akademik Pengawas Madrasah Tsanawiyah Di Kabupaten Jepara. UIN Walisongo Semarang.

Daud A., M. (2000). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hartoyo. (2006). Supervisi Pendidikan; Mewujudkan Sekolah Efektif dalam Kerangka Manajemen Berbasis Sekolah. Semarang: Pelita Insani.

Indonesia, D. P. M. K. A. R. Pedoman Pelaksanaan Beban Kerja Pengawas Madrasah (2014). Indonesia.

Jurotun, Samsudi, & Prihatin, T. (2015). Model Supervisi Akademik Terpadu Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah Dan Kepengawasan, 2(1), 27–34.

Ketut, S. (2010). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Peningkatan Pengusaan Konten dan Penalaran Ilmiah Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(1).

Kunandar. (2010). Guru Profesional; Implementasi KTSP dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Maisah, M. Y. dan. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran. Bandung: Gaung Persada Press.

Mubarok, H. (2016). Coursera For English Students Teachers; A Foundation for Skilland Professional Development. In International Conference on Teacher Education and Professional Development (pp. 22–29).

Nancarrow, S. A., Wade, R., Moran, A., Coyle, J., & Young, J. (2014). Connecting Practice; a Practitioner Centered Model of Supervision. Clinical Governance of International Journal, 19(03), 235–253.

Ngalim, P. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rosemary, V. A., & Maina, B. (2016). The Role of Supervision on Academic Performance of Senior High Schools in Ghana. Journal of Art and Humanities, 05(06), 73–84.

Ruswenda, U. (2012). Berbagai Faktor dalam Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Kuningan. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. (Alfabeta, Ed.). Bandung.

Sahertian, P. A. (2002). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan; Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soebagyo, B. (2012). Kompetensi, Motivasi Kerja, dan Kinerja Pengawas TK-SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(6), 482–488.

Stefano, J. De, Gazzola, N., Audet, C., & Thériault, A. (2014). Supervisors-in-Training: The Experience of Group-Format Supervision-of-Supervision. Canadian Journal of Counselling and Psychotherapy, 48(4), 409 –424.

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman. (2013). Hubungan Supervisi Pengawas Terhadap Kinerja dan Profesionalisme Guru Fisika Pada SMA Negeri Kota Singli. Jurnal Sains Riset, 01(01), 14 – 27.

Unik, R. (2010). Peran Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Madrasah Aliyah Yogyakarta. Yogyakarta.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpg

  

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License